ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL MENGGUNAKAN METODE PKJI 2023

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mardiatul Ummiyah
Fithriyah Patriotika

Abstract

Simpang tak bersinyal merupakan titik kritis dalam sistem transportasi yang rentan mengalami konflik lalu lintas dan kemacetan, terutama pada jam sibuk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja Simpang Empat Melintang di Kota Padang dengan menggunakan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2023). Data diperoleh melalui survei langsung terhadap volume lalu lintas, kondisi geometrik simpang, dan hambatan samping. Analisis dilakukan dengan menghitung parameter kinerja seperti kapasitas simpang, derajat kejenuhan (DJ), tundaan, dan peluang antrian. Hasil menunjukkan bahwa DJ simpang sebesar 0,84 dengan tundaan total 14,26 detik/smp dan peluang antrian berkisar 27,84 - 56%, yang dikategorikan sebagai tingkat pelayanan (LOS) D. Alternatif penanganan yang disarankan adalah pelebaran lengan simpang, pengaturan manajemen lalu lintas, dan pengendalian hambatan samping guna meningkatkan efesiensi dan keselamatan lalu lintas.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ummiyah, M., & Patriotika, F. (2025). ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL MENGGUNAKAN METODE PKJI 2023. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 6(2), 87-91. https://doi.org/10.24036/asce.v6i2.124483

References

Artiani, G. P., & Azhiary, R. (2019). Upaya Perbaikan Kinerja Simpang Empat Bersinyal Pada Jalan Duren Tiga Selatan Dengan Metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014 (Vol. 16).
Direktorat Jenderal Bina Marga, S., Direktur di Direktorat Jenderal Bina Marga, P., Kepala Balai Besar, P., Pelaksanaan Jalan Nasional di Direktorat Jenderal Bina Marga, B., & Kepala Satuan Kerja di Direktorat Jenderal Bina Marga, P. (n.d.). D I R E K T O R A T J E N D E R A L B I N A M A R G A (Issue 021).
Firlian Pratama, R., & Ashar, F. (2023). ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL MENGGUNAKAN SOFTWARE VISSIM DAN PKJI 2014 (STUDI KASUS : SIMPANG KANDIS) (Vol. 4, Issue 1).
Naufal. (2023). Penerapan Rekayasa Lalu Lintas Pada Simpang Tugu Lubuk Begalung Kota Padang. Civil Engineering Collaboration, 15–20. https://doi.org/10.35134/jcivil.v8i2.65
Nugraha, M. R. A., Sibyan, A., Margiani, S. Y., & Kusumastutie, N. S. (2017). Analisis Konflik Lalu Lintas Pada Simpang Tak Bersinyal ( Studi Kasus Simpang Tiga Pegadaian Jalan Ks Tubun Kota Tegal ). Prosiding Simposium Forum Study Transportasi Antar Perguruan Tinggi, 3.
Pekerjaan, K., Dan, U., & Rakyat, P. (n.d.). PERENCANAAN TEKNIS GEOMETRIK SIMPANG D I R E K T O R A T J E N D E R A L B I N A M A R G A.
Priantika Putra Hutama, V., Kusmaryono, I., Simpang Tak Bersinyal, K., & Kejenuhan, D. (2024). ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL (STUDI KASUS SIMPANG TIGA JALAN AL FALAH CIKARET). Action Research Literate, 8(7). https://arl.ridwaninstitute.co.id/index.php/arl
Riski, S., Isya, M., & Fisaini, J. (n.d.). ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL DENGAN MENGUNAKAN METODE PKJI 2023 (Studi Kasus: Jalan W.r. Supratman-Jalan Cut Mutia-Jalan Teungku Dianjung). Journal of The Civil Engineering Student, 6(2), 106–112.
Royan, N. (2015). ANALISA PERENCANAAN TRAFFIC LIGHT DI PERSIMPANGAN BANDARA SMB II PALEMBANG.
Rully Saputra, R., & Farni, I. (n.d.). ANALISA KINERJA PERSIMPANGAN TIDAK BERSINYAL KOTA PADANG (SIMPANG TUGU LUBUK BEGALUNG).
Syukuriah, Said, L. B., & Syafei, I. (2020). Analisis Faktor Hambatan Pada Simpang Tiga JL. Gatot Subroto – Jl. Ammana Wewang Kab. Majene. Jurnal Teknik Sipil MACCA, 5(2). https://doi.org/10.33096/jtsm.v5i2.86
Tarisma, D. (n.d.). ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL AKIBAT HAMBATAN SAMPING (STUDI KASUS: SIMPANG EMPAT JATI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS PADANG) (Vol. 3, Issue 4).
Wulandari, P., & Indra Utama, R. (2024). KINERJA JARINGAN LALU LINTAS AKIBAT PEMBANGUNAN BASKO CITY MALL (Vol. 5, Issue 2).
Zayu, W. P., Sarda, S., & Boy, W. (2023). Kemacetan Lalu Lintas Pada Simpang Tak Bersinyal Di Simpang Tiga Kampung Kalawi Padang Sumatera Barat. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Eksakta, 2(2), 142–147. https://doi.org/10.47233/jppie.v2i2.1022