PENILAIAN KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE SURFACE DISTRESS INDEX (SDI) DAN INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX (IRI) (STUDI KASUS: RUAS JALAN ANDALAS, KECAMATAN PADANG TIMUR, KOTA PADANG)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Qarina Utami Frinardi
Oktaviani Oktaviani
Rizky Indra Utama
Juniman Silalahi

Abstract

Kerusakan jalan merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi dan berdampak pada kenyamanan serta keselamanatan pengguna jalan. Ruas jalan Andalas merupakan salah satu jalan yang mengalami kerusakan yang cukup mengganggu bagi pengguna jalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalusus jenis dan tingkat kerusakan pada Ruas jalan Andalas, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang dengan menggunakan dua metode penilaian, yaitu Surface Distress Index (SDI) dan International Roughness Index (IRI). Metode SDI menilai kondisi jalan secara visual berdasarkan luas dan lebar retakan, jumlah lubang, dan kedalaman alur. Sedangkan metode IRI mengukur ketidakrataan permukaan jalan menggunakan aplikasi Roadroid berbasis android. Hasil penelitian menunjukkan variasi kondisi kerusakan jalan dari kategori baik hingga rusak berat, dengan nilai SDI dan IRI yang bervariasi di sepanjang ruas jalan. Terdapat perbedaan hasil penilaian antara kedua metode tersebut, meskipun menunjukkan kecenderungan tren kerusakan yang serupa. Penilaian menurut SDI memiliki 7 segmen jalan dalam kondisi rusak berat dengan persentase kerusakan 47%. Sedangkan, menurut IRI terdapat 7 segmen jalan dalam kondisi rusak ringan dengan persentase kerusakan 47%

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Frinardi, Q., Oktaviani, O., Utama, R., & Silalahi, J. (2025). PENILAIAN KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE SURFACE DISTRESS INDEX (SDI) DAN INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX (IRI) (STUDI KASUS: RUAS JALAN ANDALAS, KECAMATAN PADANG TIMUR, KOTA PADANG). Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 6(2), 141-146. https://doi.org/10.24036/asce.v6i2.125083

References

Annisa, A. N., Fahsa, M. N. N., & Adiman, E. Y. (2023). Analisis tingkat kerusakan jalan menggunakan metode SDI dan IRI. Teknik Sipil Dan Arsitektur, 28.
Aptarila, G., Lubis, F., & Saleh, A. (2020). Analisis Kerusakan Jalan Metode SDI Taluk Kuantan-Batas Provinsi Sumatera Barat. Siklus: Jurnal Teknik Sipil. https://journal.unilak.ac.id/index.php/SIKLUS/article/view/4647
Badan Pusat Statistik Kota Padang. (2024, Juni). Retrieved from https://padangkota.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTQ0lzl=/Panjang-jalan dan-kondisi.html
Bina Marga, D. J. (2011). Perbaikan Standar untuk Pemeliharaan Jalan No.001-2/M/BM/2011.
Hasibuan, R. P., & Surbakti, M. S. (2019). Study of Pavement Condition Index (PCI) relationship with International Roughness Index (IRI) on Flexible Pavement. MATEC Web of Conferences, 258, 03019.
Irianto, & Rochmawati, R. (2020). STUDI PENILAIAN KONDISI KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE NILAI INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX (IRI) DAN SURFACE DISTRESS INDEX (SDI) (Studi Kasus Jalan Alternatif Waena _ Entrop). Jurnal, 13(2),2589–8891.
Nisumanti, S., & Prawinata, D. (2020). Penilaian Kondisi Jalan Menggunakan Metode International Roughness Index (IRI) Dan Surface Distress Index (SDI) Pada Ruas Jalan Akses Terminal Alang-Alang Lebar (Studi Kasus: Sp. Soekarno Hatta-Bts. Kota Palembang Km 13). 09.
Panduan Nomor SDM-03/RCS Tentang Survei Kondisi Jalan (2011).
Sugiyono, S., & Lestari, P. (2021). Metode penelitian komunikasi (Kuantitatif, kualitatif, dan cara mudah menulis artikel pada jurnal internasional). eprints.upnyk.ac.id. http://eprints.upnyk.ac.id/27727/1/Buku Metode Penelitian Komunikasi.pdf