PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi. Model GI adalah salah satu pendekatan pembelajaran kooperatif yang menekankan pada partisipasi keterlibatan aktif siswa dalam proses investigasi kelompok, diskusi hasil, dan presentasi hasil. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah percobaan eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 2 Padangsidimpuan, dengan sampel yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan model GI dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji-t yang menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 4,631 lebih besar dari t tabel sebesar 2,0052, serta nilai signifikansi sebesar 0,00 yang lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, H₀ ditolak dan Hₐ diterima, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap hasil belajar siswa. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model GI memberikan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, model pembelajaran kooperatif tipe GI dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Arifin, Zainal. 2017. Evaluasi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Arifin, Zainal. 2014. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya.
Dewi, N. W. E. P. (2017). Meningkatkan Kualitas Guru untuk Pendidikan yang lebih baik. Pendidikan Universitas Ganesha,(March), 11, 294.
Emilia Sari. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Fisika Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Logis. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 28.
Harefa, O. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal SOMASI (Sosial Humaniora Komunikasi), 2(1), 71–79. https://doi.org/10.53695/js.v2i1.518
Harepa, J. E., & Simamora, P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Pengetahuan Konseptual Fisika Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 9(3), 38–45.
Isjoni. 2013. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Istikomah, H. 2009. Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Menumbuhkan Sikap Ilmiah. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Johar, Rahmah. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: Unsyiah.
Kurniasih, Imas & Berlin. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru, Yogyakarta: Kata Pena.
Kurniawati, I., Hayati, L., Hikmah, N., & Sridana, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 590–596. https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.120
Mahfudz, A. 2012. Cara Cerdas Mendidik yang Menyenangkan Berbasis Super Quantum Teaching. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Margono, 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta, Cet-1.
Nilam, N. 291223242. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Materi Sistem Koloid di MAN Indrapuri. http://library.ar-raniry.ac.id
Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004; Pertanyaan dan Jawaban. Jakarta: Grasindo.
Oktaviani, E. (2013). Pengaruh Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Paramansyah, H. A., & SE, M. (2020). Manajemen pendidikan dalam menghadapi era digital. Arman Paramansyah.
Ratri, S.A. 2005. Cooperative Learning dan Pemecahan Masalah Pada Anak Pra Sekolah. Widya Dharma, Vol 16, No 1.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press
Sanjaya, Wina. 2010. Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana.
Shobirin, M. A., & Rochmana, S. (2017). MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA MATERI BENDA DAN SIFATNYA: Studi pada Siswa Kelas V MI Gebanganom Semarang Timur Kota Semarang. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 91-106.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovasif Dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Yogyakarta : Bumi Aksara.
Sukasni, N. K. (2019). Model Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS/Sejarah Siswa Kelas IXG SMP Negeri 3 Semarapura. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 5(2), 122-131.
Sulistyowati, Eka, 2014. Metodologi Pembelajaran IPA, Jakarta : PT Bumi Aksara
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.