PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI ARTICULATE STORYLANE PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X DI SMK N 1 PADANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Arief
Faisal Ashar

Abstract

Pembuatan media pembelajaran interaktif dilakukan upaya dalam memecahkan masalah belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kelayakan pembuatan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Gambar Teknik  kelas X SMK  melalui uji validitas dengan beberapa ahli (2) Mengetahui kelayakan pembuatan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Gambar Teknik X SMK (3) Mengetahui kelayakan pembuatan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Gambar Teknik kelas X SMK melalui praktikalitas pada siswa. Jenis dan metode yang digunakan  adalah penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan istilah Research and Development (R&D) model 4-D. Produk dilakukan oleh 3 orang validator yakni 2 orang validator media dan 1 orang validator materi, sedangkan jumlah subjek penelitian 35 orang siswa SMKN 1 Padang. Alat pengumpulan data berupa angket, dokumentasi dan format penilaian. Hasil produk berupa aplikasi, produk yang dihasilkan mendapatkan hasil penilaian kelayakan dari ahli materi dan ahli media yakni, hasil validasi materi diperoleh nilai “Sangat Bagus” sehingga materi dinyatakan sudah lengkap untuk dikembangkan, hasil validasi media setelah melalui dua tahap validasi diperoleh nilai akhir “Sangat Bagus”, sehingga media dikategorikan valid untuk diujicobakan, dapat disimpulkan media pembelajaran Gambar Teknik ini layak diujicobakan. Hasil dari kepraktisan media setelah uji coba kepada 35 orang responden siswa kelas X SMKN 1 Padang diperoleh nilai“Praktis

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Arief, M., & Ashar, F. (2021). PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI ARTICULATE STORYLANE PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X DI SMK N 1 PADANG. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 2(1), 148-154. https://doi.org/10.24036/asce.v2i1.126566

References

Abdul Majid. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arif, Sadiman. 2012. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Arif, Sadiman. 2014. Seri Pustaka Teknologi Pendidikan No.6 Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, Dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penilitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azhar, Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Cangara, Hafied. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. PT Raja Grafindo Persada.
Darmansyah. 2012. Stategi Pembelajaran Menyenangkan Degan Humor. 3rd ed. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2017. Kurikulum Dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.
Juhana, Ohan &. Suratman. 2012. Menggambar Teknik Mesin Dengan Standar ISO. Bandung: Pustaka Grafika.
Munir. 2013. Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Musfiqon. 2012. Pengembangan Media Dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Novrianti. 2016. “Teknik Pengembangan Dan Evaluasi Program Pembelajaran Berbasis Multmedia Interaktif.” Jurnal Educative 1(1).
Sanjaya. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sumber : ptb.sipil.ft.unp.ac.id. 2021a. “Profil Pendidikan Teknik Bangunan (Building Construction Vocational Education / BCVE).” Ptb.Sipil.Ft.Unp.Ac.Id. Retrieved February 7, 2021 (http://ptb.sipil.ft.unp.ac.id/).
Trianto. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profensi Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana.
Trisyanto. 2009. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Koperatif.” Retrieved (http://suhartoumm.blogspot.com/20018/4/uji-validitas-dalam-beberapa-penegertian.html).