PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DPIB SMK DHUAFA PADANG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Studi ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berupa video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Gambar Teknik. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X DPIB SMK Dhuafa Padang dengan menerapkan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, validasi dari para ahli, serta angket praktikalitas yang diberikan kepada guru dan siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa media yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan yang sangat tinggi berdasarkan validasi ahli dengan skor Aiken's V sebesar 0,91. Uji praktikalitas menunjukkan hasil yang sangat baik dengan persentase 89% dari guru dan 87,3% dari siswa, yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Penelitian ini membuktikan bahwa video animasi pembelajaran efektif meningkatkan partisipasi dan minat belajar siswa, sekaligus menciptakan proses pembelajaran yang lebih interaktif dan efisien. Oleh karena itu, media ini dapat dijadikan alternatif inovatif dalam pembelajaran kejuruan di SMK.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Badariah, D., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915.
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. New York: Springer.
Komara, A., Pamungkas, Y., & Dewi, S. R. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 18(1), 55–63.
Fachreza, K. A., Harvian, M., Zahra, N., Islam, M. I., Daffa, M., & Wardiyah, M. L. (2024). Analisis komparatif antara probability dan nonprobability dalam penelitian pemasaran. Jurnal Pajak dan Analisis Ekonomi Syariah, 1(3), 108–120.
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 1–17.
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman.
Habib, M., Hajar, I., & Setiawan, D. (2019). Media development of video learning in the social discussion of social problems in social science (IPS) lesson of class IV in public elementary school (SDN 135911 Tanjungbalai academic year 2018–2019). Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(3), 223–236.
Harahap, N. F., Anjani, D., & Sabrina, N. (2021). Analisis artikel metode motivasi dan fungsi motivasi belajar siswa. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 198–203.
Huda, M., Fawaid, A., & Slamet, S. (2023). Implementasi teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4), 64–72.
Istiadah, F. N. (2020). Teori-teori belajar dalam pendidikan. Edu Publisher.
Jediut, M., Sennen, E., & Ameli, C. V. (2021). Manfaat media pembelajaran digital dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SD selama pandemi COVID-19. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 1–5.
Komara, A. L., Pamungkas, A. S., & Dewi, R. S. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi kartun di sekolah dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 316.
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran: Konsep & aplikasi pengembangan media pembelajaran bagi pendidik di sekolah dan masyarakat. Prenada Media.
Marisyah, A., Firman, F., & Rusdinal, R. (2019). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1514–1519.
Miftah, M. (2022). Peran, fungsi, dan pemanfaatan media pembelajaran. Feniks Muda Sejahtera.
Nurhadi, N. (2020). Teori kognitivisme serta aplikasinya dalam pembelajaran. Edisi, 2(1), 77–95.
Nurlina, N., & Bahri, A. (2021). Teori belajar dan pembelajaran. CV Berkah Utami.
Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). Media video pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan prestasi mahasiswa. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 17(1).
Nurfadhillah, S. (2021). Media pembelajaran: Pengertian, landasan, fungsi, manfaat, jenis-jenis media pembelajaran, dan cara penggunaan kedudukan media pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).
Pratiwi, A. D., & Silvia, T. (2023). Analisis efektivitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di SD Negeri 060871. Education Journal of Indonesia, 4(1).
Rahman, S. (2022, Januari). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Roflin, E., & Liberty, I. A. (2021). Populasi, sampel, variabel dalam penelitian kedokteran. Penerbit Nem.
Silahuddin, A. (2022). Pengenalan klasifikasi, karakteristik, dan fungsi media pembelajaran MA Al-Huda Karang Melati. Idaarotul Ulum (Jurnal Prodi MPI), 4(2), 162–175.
Suhaedin, E., Giatman, M., & Maksum, H. (2024). Manajemen kepemimpinan dalam meningkatkan kualitas pendidikan sekolah menengah kejuruan (SMK). Journal of Education Research, 5(1).
Suharni, S. (2021). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), 172–184.
Sumantri, B. A., & Ahmad, N. (2019). Teori belajar humanistik dan implikasinya terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam. Fondatia, 3(2), 1–18.
Suzianti, D., & Dafit, F. (2023). Video animasi berbasis kearifan lokal Riau untuk membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(3), 392–401.
Syafriadi, S., Widhiastuti, R., & Rizal, R. (2023). Gambar teknik I.
Syahri, B., & Syahrial, S. (2020). Hubungan tingkat kreativitas dengan hasil belajar mata pelajaran gambar teknik. Jurnal Vokasi Mekanika, 2(2), 22–30.
Taqiya, T. B., Nuroso, H., & Reffiane, F. (2019). Pengaruh model pembelajaran terpadu tipe connected berbantu media video animasi. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3).
Waritsman, A. (2020). Hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 2(1).
Wisada, P. D., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140–146.
Abidin, A. M. (2022). Penerapan teori belajar behaviorisme dalam pembelajaran (Studi pada anak). An-Nisa, 15(1), 1–8.
Badariah, D., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915.
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. New York: Springer.
Komara, A., Pamungkas, Y., & Dewi, S. R. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 18(1), 55–63.
Fachreza, K. A., Harvian, M., Zahra, N., Islam, M. I., Daffa, M., & Wardiyah, M. L. (2024). Analisis komparatif antara probability dan nonprobability dalam penelitian pemasaran. Jurnal Pajak dan Analisis Ekonomi Syariah, 1(3), 108–120.
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 1–17.
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman.
Habib, M., Hajar, I., & Setiawan, D. (2019). Media development of video learning in the social discussion of social problems in social science (IPS) lesson of class IV in public elementary school (SDN 135911 Tanjungbalai academic year 2018–2019). Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(3), 223–236.
Harahap, N. F., Anjani, D., & Sabrina, N. (2021). Analisis artikel metode motivasi dan fungsi motivasi belajar siswa. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 198–203.
Huda, M., Fawaid, A., & Slamet, S. (2023). Implementasi teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4), 64–72.
Istiadah, F. N. (2020). Teori-teori belajar dalam pendidikan. Edu Publisher.
Jediut, M., Sennen, E., & Ameli, C. V. (2021). Manfaat media pembelajaran digital dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SD selama pandemi COVID-19. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 1–5.
Komara, A. L., Pamungkas, A. S., & Dewi, R. S. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi kartun di sekolah dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 316.
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran: Konsep & aplikasi pengembangan media pembelajaran bagi pendidik di sekolah dan masyarakat. Prenada Media.
Marisyah, A., Firman, F., & Rusdinal, R. (2019). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1514–1519.
Miftah, M. (2022). Peran, fungsi, dan pemanfaatan media pembelajaran. Feniks Muda Sejahtera.
Nurhadi, N. (2020). Teori kognitivisme serta aplikasinya dalam pembelajaran. Edisi, 2(1), 77–95.
Nurlina, N., & Bahri, A. (2021). Teori belajar dan pembelajaran. CV Berkah Utami.
Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). Media video pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan prestasi mahasiswa. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 17(1).
Nurfadhillah, S. (2021). Media pembelajaran: Pengertian, landasan, fungsi, manfaat, jenis-jenis media pembelajaran, dan cara penggunaan kedudukan media pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).
Pratiwi, A. D., & Silvia, T. (2023). Analisis efektivitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di SD Negeri 060871. Education Journal of Indonesia, 4(1).
Rahman, S. (2022, Januari). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Roflin, E., & Liberty, I. A. (2021). Populasi, sampel, variabel dalam penelitian kedokteran. Penerbit Nem.
Silahuddin, A. (2022). Pengenalan klasifikasi, karakteristik, dan fungsi media pembelajaran MA Al-Huda Karang Melati. Idaarotul Ulum (Jurnal Prodi MPI), 4(2), 162–175.
Suhaedin, E., Giatman, M., & Maksum, H. (2024). Manajemen kepemimpinan dalam meningkatkan kualitas pendidikan sekolah menengah kejuruan (SMK). Journal of Education Research, 5(1).
Suharni, S. (2021). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), 172–184.
Sumantri, B. A., & Ahmad, N. (2019). Teori belajar humanistik dan implikasinya terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam. Fondatia, 3(2), 1–18.
Suzianti, D., & Dafit, F. (2023). Video animasi berbasis kearifan lokal Riau untuk membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(3), 392–401.
Syafriadi, S., Widhiastuti, R., & Rizal, R. (2023). Gambar teknik I.
Syahri, B., & Syahrial, S. (2020). Hubungan tingkat kreativitas dengan hasil belajar mata pelajaran gambar teknik. Jurnal Vokasi Mekanika, 2(2), 22–30.
Taqiya, T. B., Nuroso, H., & Reffiane, F. (2019). Pengaruh model pembelajaran terpadu tipe connected berbantu media video animasi. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3).
Waritsman, A. (2020). Hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 2(1).
Wisada, P. D., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140–146.