PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN ANGKATAN 2021 UNP

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Resti Armita
Muhammad Ihsan
Agri Americano Agamuddin

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efikasi diri memberikan pengaruh terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa prodi PTB angkatan 2021 di UNP. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan validasi dari para ahli. Berdasarkan hasil dari validasi para ahli dapat dikatakan instrumen yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan sangat baik dengan skor Aiken’s V sebesar 0,86. Dari uji validitas mendapatkan 37 pernyataan valid dan pada uji reliabilitas mendapatkan hasil cronbach alpa sebesar 0,899 dengan arti instrumen sangat reliabel dan kuat. Pada uji normalitas data terdistribusi secara normal dan begitupun pada uji linearitas tidak terdapat penyimpangan. Sedangkan pada uji regresi linear sederhana mendapatkan hasi r² 0,454 dengan arti efikasi diri memberikan pada minat jadi guru pada mahasiswa prodi PTB sebesar 45,4% sedangkan sisanya 54,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Armita, R., Ihsan, M., & Agamuddin, A. (2025). PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN ANGKATAN 2021 UNP. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 6(3), 264-267. https://doi.org/10.24036/asce.v6i3.130183

References

Amalia, N. N., & Pramusinto, H. (2020). Pengaruh Persepsi, Efikasi Diri Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru. Business and Accounting Education Journal, 1(1), 84–94. https://doi.org/10.15294/baej.v1i1.38939
Hikmah, N., Nur’aini, T. A., & Aras, M. (2024). Pengaruh Efikasi Diri Dan Persepsi Profesi Guru Terhadap Minat Menjadi Guru. Jurnal Edueco, 7, 120–130.
Zagoto, S. F. L. (2019). Efikasi Diri Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 386–391. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.667