ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA PADA ELEMEN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI DI SMK N 1 SUMATERA BARAT

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dendi Arianto
Syaiful Haq

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Penelitian menggunakan pendekatan metode campuran, yaitu gabungan antara kuantitatif dan kualitatif. Data diperoleh melalui angket, wawancara, dan dokumentasi dengan 60 siswa kelas XI jurusan Desain Pemodelan Informasi Bangunan (DPIB) dan Teknik Konstruksi dan Properti (TKP). Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor dominan yang menyebabkan kesulitan belajar adalah motivasi belajar siswa, yang berpengaruh signifikan terhadap pemahaman materi Estimasi Biaya Konstruksi, seperti perhitungan volume pekerjaan dan analisis harga satuan. Selain itu, faktor eksternal seperti lingkungan sekolah dan keluarga juga turut mempengaruhi. Dengan menggunakan analisis faktor, ditemukan enam faktor utama yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa, yaitu motivasi belajar, lingkungan sekolah, intelegensi, lingkungan keluarga, minat belajar, dan lingkungan tempat tinggal. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar guru dapat mengembangkan metode pembelajaran yang lebih menarik dan kontekstual untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa, serta menciptakan suasana yang lebih mendukung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam perbaikan proses pembelajaran Estimasi Biaya Konstruksi di SMK.


 


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Arianto, D., & Haq, S. (2025). ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA PADA ELEMEN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI DI SMK N 1 SUMATERA BARAT. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 6(3), 322-329. https://doi.org/10.24036/asce.v6i3.131283

References

Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2013). Psikologi belajar. Rineka Cipta.
Creswell, J. W. (2013). Desain penelitian: Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan metode campuran. SAGE Publications.
Darmawan, D. (2015). Teknologi pembelajaran inovatif. Remaja Rosdakarya.
Desmawati. (2021). Faktor kesulitan belajar estimasi biaya konstruksi siswa kelas XI Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Sumatera Barat (Skripsi, Universitas Negeri Padang).
Djamaludin, A., & Wardana, A. (2019). Psikologi pendidikan untuk guru dan calon guru. Deepublish.
Djamarah, S. B. (2011). Kesulitan belajar dan cara mengatasinya. Rineka Cipta.
Hadju, V. A. (2022). Desain penelitian mixed method. Universitas Negeri Gorontalo.
Humairah. (2023). Analisis pembelajaran pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi di SMK kelas XII DPIB (Skripsi, Universitas Negeri Karawang).
Islamuddin. (2012). Psikologi belajar. Angkasa.
Khodijah. (2014). Psikologi pendidikan. Rajawali Pers.
Margiathi, S. A., Lerian, O., Wulandari, R., Putri, N. D., & Musyadad, V. F. (2023). Dampak konsentrasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Primary Edu (JPE), 1(1), 61–68.
Nugroho, R. A., & Suryaningrum, R. (2018). Estimasi biaya proyek bangunan gedung. Deepublish.
Nurjanah, E. (2016). Diagnosa kesulitan belajar. Kencana.
SNI 2835:2008. (2008). Analisa harga satuan pekerjaan. Badan Standar Disasi Nasional.
Sudrajat, A. (2016). Matematika bangunan 1 untuk SMK. Yrama Widya.
Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Urbayatun, S., Fahrurrozi, F., & Wahyuningsih, S. (2021). Kesulitan belajar dan gangguan psikologis. Pustaka Pelajar.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: Metode penelitian kualitatif. Deepublish.
Rozak, A., Fathurrochman, I., & Ristianti, D. H. (2018). Analisis pelaksanaan bimbingan belajar dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 1(1), 10–20.