PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART APPS CREATOR BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK KONSTRUKSI DAN PERUMAHAN KELAS X TKP SMK NEGERI 1 BUKITTINGGI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Raihan Alim Setiahardja
Juniman Silalahi

Abstract

Penelitian ini dilatar-belakangi oleh belum adanya Media pembelajaran yang bisa digunakan oleh peserta didik dengan memanfaatkan aplikasi Smart Apps Creator yang berbasis android dalam pembelajaran dasar-dasar teknik konstruksi dan perumahan pada kelas X TKP di SMK Negeri 1 Bukittinggi, peserta didik mengalami kesulitan untuk belajar dan memahami materi Perhitungan Statika bangunan secara mandiri. Untuk mengatasi permasalahan yang ada, maka peneliti tertarik untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi smart apps creator yang berbasis android dalam pembelajaran dasar-dasar teknik kontruksi dan perumahan pada materi perhitungan statika bangunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran Smart Apps Creator berbasis Android untuk mata pelajaran perhitungan statika bangunan yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Setelah produk awal selesai, maka produk yang dikembangkan akan diuji kevalidannya oleh dosen ahli materi dan ahli media. Kemudian setelah dinyatakan valid, dilakukan uji praktikalitas produk oleh 67 peserta didik kelas X TKP di SMK Negeri 1 Bukittinggi.. Hasil akhir validasi ahli materi diperoleh nilai koefisien sebesar 0,94 dengan kategori “Sangat Valid” dan hasil akhir validasi ahli media diperoleh nilai koefisien sebesar 0,93 dengan kategori “Sangat Valid”. Hasil akhir uji praktikalitas peserta didik diperoleh nilai persentase sebesar 86% dengan kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Smart Apps Creator berbasis Android pada elemen perhitungan statika bangunan yang dikembangkan valid dan praktis untuk digunakan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Setiahardja, R., & Silalahi, J. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART APPS CREATOR BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK KONSTRUKSI DAN PERUMAHAN KELAS X TKP SMK NEGERI 1 BUKITTINGGI. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 6(3), 433-439. https://doi.org/10.24036/asce.v6i3.132383

References

Agustin, E., & Wintarti, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Pola Bilangan. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 7(1), 10–23. https://doi.org/10.29100/jp2m.v7i1.1860.
Amalia, R. R., Cikusin, Y., & Khoiron, K. (2022). Desa Wisata Gubuklakah (Studi Tentang Pengembangan Perekonomian Masyarakat Desa Gubuklakah Kecamatan Poncokusumo). Respon Publik, 16(1), 50–58. http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/15338.
Badriah, S., & HS, M. S. (2021). Kelayakan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Animasi Sketchuppada Perhitungan Volume Dan Bahan Pekerjaan Kolom Di Smkn 1 Mojokerto. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB), 7(2), 1-11.
Badroni, M., & HS, M. S. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA SKETCHUP BERBASIS ANIMASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI KELAS XI DPIB SMKN 3 JOMBANG. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 9(1), 99-107.
Cahya, A. D., Rahmadani, D. A., Wijiningrum, A., & Swasti, F. F. (2021). Analisis Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. YUME : Journal of Management, 4(2), 230–242. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.86.
Dewa Ayu Putu Adhiya Garini Putri, & Putu Budiarnaya. (2022). Analisis Karakteristik Dan Kebutuhan Parkir Di Universitas Pendidikan Nasional. PADURAKSA: Jurnal Teknik Sipil Universitas Warmadewa, 11(1), 33–39. https://doi.org/10.22225/pd.11.1.4102.33-39.
Fayrus, & Slamet, A. (2022). Model Penelitian Pengembangan (R n D).
Febliza, A., & Afdal, Z. (2015). Statistika Dasar Penelitian Pendidikan. Pekanbaru: Adefa Grafika.
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660.
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar peserta didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505.
Haryani, L. (2024). Penggunaan Media SAC untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menjadi Lebih Baik Atau Meningkat pada Masa Pandemi Covid 19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 387–392. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.260.
Hikmawati, F. (2017). Metodoligi Penelitian. PT. RajaGrafindoPersada.
Iswanto, S., & Pratiwi, A. I. (2024). Pengembangaan dan Pemasaran Produksi UMKM Berkah Jamur Karawang. Jurnal Pengabdian Mahapeserta didik, 3(1), 4704–4716.
Jasmine, K. (2024). Pengembangan Media Flipbook Dengan Heyzine Pada Materi Perhitungan Volume Konstruksi di SMK Negeri 1 Koto Xi Tarusan. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu.
Khomarudin, A. N., & Efriyanti, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Kuliah Kecerdasan Buatan. Journal Educative : Journal of Educational Studies, 3(1), 72. https://doi.org/10.30983/educative.v3i1.543
Kurniawati, P. (2017). Pengembangan Aplikasi “Consi App” Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Mobile Learning pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan Berbantuan Software Smart Apps Creator 3. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01, 1–7.
Lawhon, D. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2.
Lestari, S. (2018). Peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal pendidikan agama Islam, 2(2), 94-100.
Maryam, D., Febiola, F., Agami, S. D., & Fawaida, U. (2020). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. 7(1), 43–50.
Mulyani F, & Haliza N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 3(1), 101–109.
Nurhadi, & Sobri, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Android Dalam Meningkatan Kwalitas Pembelajaran peserta didik SMA. Jurnal Ilmiah Betrik, 8(03), 137–144. https://doi.org/10.36050/betrik.v8i03.74.
Purwanto, C. E., & Nughoro, S. E. (2012). Penerapan model pembelajaran guided discovery pada materi pemantulan cahaya untuk meningkatkan berpikir kritis. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(1).
Rahmat, R. F., Mursyida, L., Rizal, F., Krismadinata, K., & Yunus, Y. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran simulasi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 116–126. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27414.
Rusmayana, T. (2019). Model Pembelajaran ADDIE INTEGRASI PEDATI Di SMK PGRI Karisma Bangsa. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI.
Selwyn, N. (2011). Education and technology key issues and debates. India: Replika Press Pvt Ltd.
Sudiarti, M., Siregar, S. N., & Susanto, E. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Smart Apps Creator 3 pada Materi Transformasi untuk peserta didik Kelas IX SMP/MTs. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 899–912. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.2135.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta. https://elibrary.bsi.ac.id/readbook/206060/metode-penelitian-kuantitatif-kualitatif-dan-r-d.html.
Sutarsih, S. (2019). Pengembangan Aplikasi SAC sebagai Media Pembelajaran Menulis Kosakata Baku Bahasa Indonesia. 2014.
Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar peserta didik Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305.
Widiastika, M. A., Hendracipta, N., & Syachruroji, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 47–64. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.602.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074.
Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409.