PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN RENCANA BIAYA DAN PENJADWALAN KONSTRUKSI DI SMK NEGERI 5 PADANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Al Vikri
Muhammad Ihsan
Muvi Yandra
Yose Fajar Pratama

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada Elemen Rencana Biaya dan Penjadwalan Konstruksi Bangunan menjadi faktor pemilihan model pembelajaran PBL. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan seberapa efektif model pembelajaran PBL dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui elemen Rencana Biaya dan Penjadwalan Konstruksi Bangunan. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian eksperimen dengan bentuk desain One Group Pretest-Posttest. Jumlah sampel penelitian yang dipakai yaitu 26 orang siswa XI DPIB. Penelitian dilaksanakan dengan memberikan instrument tes berupa pretest dan posttest. Untuk uji coba soal tes, telah dilakukan pada siswa kelas XI DPIB  di SMKN 1 Padang dengan jumlah responden adalah 25 orang. Penelitian ini menunjukkan bahwa untuk hasil pretest sebelum diberi perlakuan dengan nilai rata-rata 40,77 dan hasil Setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 67,54. Hal ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap hasil belajar peserta didik, dan dilihat dari nilai terendah dan tertinggi hasil posttest menunjukkan bahwa nilai peserta didik setelah diberikan perlakuan model Problem Based Learning lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Selain itu, hasil pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji Paired Sample t-test diperoleh bahwa nilai signifikansi lebih kecil daripada alpha (0,05) yakni 0,008 dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak sehingga terdapat pengaruh hasil belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada Elemen Rencana Biaya dan Penjadwalan Konstruksi Bangunan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Vikri, A., Ihsan, M., Yandra, M., & Pratama, Y. (2025). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN RENCANA BIAYA DAN PENJADWALAN KONSTRUKSI DI SMK NEGERI 5 PADANG. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 6(3), 427-432. https://doi.org/10.24036/asce.v6i3.132683

References

Aji, K., Rahayu, E. T., Kesehatan, P. J., Rekreasi, D., Karawang, S., Barat, J., & Abstract, I. (2023). Efektivitas Project Based Learning dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Aktivitas Pengembangan Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2023(6), 263–269.
Alfajri, M., Edidas, E., & Thamrin, T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Kelistrikan. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(3), 249. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i3.105688
Br Tarigan, T., Sipayung, R., Lumbanraja, B., Lumban Gaol, R., Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., Katolik Santo Thomas, U., Setia Budi, J., Tengah, K., Medan Tuntungan, K., Medan, K., & Utara, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema Panas Dan Perpindahannya Kelas V SD Negeri 040457 Berastagi. Journal on Education, 06(01), 5116–5126.
Kojongian, S., Mewengkang, A., & Takaredase, A. (2021). EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Volume 1 Nomor 5, Oktober 2021. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(5), 773.
Montolalu, C., & Langi, Y. (2018). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). D’CARTESIAN, 7(1), 44. https://doi.org/10.35799/dc.7.1.2018.20113
Nurfitriyani, S. A. (2022). Penerapan Video Pembelajaran Cara Menghitung Volume Pekerjaan Konstruksi Bangunan Gedung. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 7(1), 40–50.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Soegiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suyitno. (2020). Pendidikan Vokasi Kejuruan Strategi dan Revitalisasi Abad 21 (D. Menik (ed.)). https://anyflip.com/uqvel/zjyo/basic