HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KONTRUKSI DAN TEKNIK PENGUKURAN TANAH DI SMK NEGERI 5 PADANG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstrak: Permasalahan pada penelitian ini adalah belum optimalnya hasil capaian belajar siswa pada pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi dan Teknik Pengukuran Tanah. Hal ini diduga karena disiplin belajar siswa yang masih kurang baik saat mengikuti proses pembelajaran. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi dan Teknik Pengukuran Tanah. Instrumen penelitian berupa angket pernyataan peserta didik. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Desain Permodelan dan Informasi Bangunan di SMKN 5 Padang sebanyak 57 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar pada pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi dan Teknik Pengukuran Tanah sebesar 15,8%.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Tu’u. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo
Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Kosda Karya.
W.S.Winkel. 2010. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
Muhibbin Syah. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta : Rajawali Pers.
Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono.2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Badung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian. Bandung : Alfabeta.