SOSIALISASI GERWACIL DISERTAI PELATIHAN PEMBUATAN PRODUK KAYU KREATIF BERBASIS P5 UNTUK MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA SEKOLAH DASAR
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Program Gerobak Wirausaha Cilik (GERWACIL) dilaksanakan di SDN 20 Sinapa Piliang sebagai upaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan sejak dini melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat berwirausaha, keterampilan numerasi, serta kreativitas siswa melalui kegiatan sosialisasi, pelatihan produk kayu, simulasi transaksi, dan pendampingan. Metode penelitian menggunakan pendekatan campuran dengan data kuantitatif dari angket dan data kualitatif melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada lima indikator minat berwirausaha, yakni ketertarikan (96,89%), motivasi (94,67%), pengetahuan dan pemahaman (92,33%), kreativitas (90,22%), serta percaya diri dan kemandirian (98,44%). Temuan ini membuktikan bahwa GERWACIL efektif membangun karakter mandiri, percaya diri, sekaligus melatih keterampilan praktis siswa dalam berwirausaha. Namun aspek kreativitas masih memerlukan pengembangan lebih lanjut agar siswa terdorong menghasilkan inovasi produk yang beragam. Program ini juga memperkuat implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melalui kolaborasi antara sekolah, dosen, pelajar, dan masyarakat.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
(2025). Implementasi Program Pendidikan Kewirausahaan terhadap Anak Inklusi pada SDN Klagen Sukodono Kabupaten Sidoarjo. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 1051-1059.
Imania, A., & Suprayitno, S. (2024). Analisis
Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Pada Kurikulum Merdeka Kelas IV di SD Islam Darussalam Kedungrejo Bojonegoro. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 14-28.
Lia, I. K. (2025). IMPLEMENTASI KEGIATAN
KEWIRAUSAHAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PERCAYA DIRI SISWA DI SEKOLAH DASAR (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).
Lubis, E. L. S., Hasanah, N., & Ramadhani, M.
(2024). PELATIHAN PRODUK ECOPRINT PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) KURIKULUM MERDEKA BAGI SISWA SDN 056001 KARANG REJO. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 26-32.
Maolida, E. H., Salsabila, V. A., & Aprillia, T.
(2022). Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Sejak Dini Melalui Pengenalan Kewirausahaan Di Sekolah Dasar. JE (Journal of Empowerment), 3(1), 124-132.
Muflihah, N. (2024). Implementasi P5 PPRA
pada Mata Pelajaran Fikih Siswa Kelas X di MAN 2 Kota Banjarmasin.
Pratiwi, N. Q. E., Nugraha, U., & Widowati, A.
(2024). Analisis implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) tema kewirausahaan pada kurikulum Merdeka Belajar di kelas V sekolah dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4719-4727.
Sasmi, R. R., Krisnawati, K., Khotimah, K.,
Setiawan, T. S., & Shiha, S. N. (2024). Analisis Pelaksanaan Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Sebagai Upaya Penguatan Keterampilan Kewirausahaan Siswa SMA pada Fase E. Dedikasi: Journal of Community Engagement and Empowerment, 2(2), 48-55.
Tae, R., Deda, Y. N., & Disnawati, H. (2024).
PENGEMBANGAN MODUL PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA: STUDI LITERATUR. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 6(01), 37-46.
Yuliastuti, S., Ansori, I., & Fathurrahman, M.
(2022). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas 4 SD Labschool UNNES Kota Semarang. Lembaran Ilmu Kependidikan, 51(2), 76-87.
Yunus, M. (2025). Penerapan Program
Pendidikan Kewirausahaan untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kemandirian Siswa SDI Batunapara. EDUKASI, 13(1), 122-130.