PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK ELEMEN DESAIN PEMODELAN JALAN DAN JEMBATAN KELAS XI DPIB SMK NEGERI 4 PARIAMAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rendi Rendi
Nurhasan Syah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas model Learning Cycle 5E dalam
meningkatkan hasil belajar peserta didik pada elemen Desain Pemodelan Jalan dan Jembatan. Dengan jenis
penelitian menggunakan penelitian Tindakan Kelas (PTK), sebanyak tujuh belas peserta didik dari tahun ajaran 2025/2026 sebagai subjek penelitian. Penelitian ini memperlihatkan bahwasanya model Learning Cycle 5E pada mata pelajaran Desain Jalan dan Jembatan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Nilai thitung pada siklus 1 adalah -9,414, nilai thitung pada siklus 2 adalah -7,158, dan nilai ttabel adalah 2,120, sebagaimana didapatkan melalui analisis t-test sampel berpasangan. H0 diterima jika -ttabel ≤ thitung ≤ ttabel dan tingkat signifikansi 0,05. Sehingga, hipotesis Ha diterima, karena nilai thitung tidak memenuhi kriteria penerimaan untuk H0. maka, model Learning Cycle 5E terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI DPIB pada elemen Desain Pemodel Jalan dan Jembatan di SMKN 4 Pariaman.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rendi, R., & Syah, N. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK ELEMEN DESAIN PEMODELAN JALAN DAN JEMBATAN KELAS XI DPIB SMK NEGERI 4 PARIAMAN. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 6(4), 471-474. https://doi.org/10.24036/asce.v6i4.137883

References

Arifin, K., Sabilu, M., Ode, W., & Sari, I. (2024). Model Pembelajaran Learning Cycle E5 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi. https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i4.54
Bybee, R. W., Taylor, J. A., Gardner, A., Scotter, P. . V., Powell, J. C., Westbrokk, A., & Landes, N. (2006). The BSCS 5E Instructional Model: Origins and Effectiveness.
Fitra, D., & Kunci, K. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Modern. Jurnal Inovasi Edukasi (Vol. 06, Issue 02).
Jaya, I. K. G. P., & Indrayani, L. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 34. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i1.28425
Ningrum, A. S. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar (Metode Belajar). Prosiding Pendidikan Dasar: https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.186
Purwaningsih, I., Hernawati, L., Wardarita, R., & Indah Utami, P. (2022). Pendidikan Sebagai Suatu Sistem. Jurnal Visionary. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/visionary
Razi, A., & Wabahey, A. (2024). Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi di SMK Jurusan DPIB. ADIBA: Journal Of Education, 4(2), 286–294.
Sa’diyah, I. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Memahami Spesifikasi dan Karakteristik Kayu Melalui Aplikasi “Wood Glossary” di Kelas X DPIB 1 SMKN 1 Udanawu. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah |, 323(2), 30–42. https://doi.org/10.28926/jtpdm.v1i1.1
Shofiah, S., Lukito, A., Yuli, T., & Siswono, E. (2018). Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbasis Pengajuan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Topik Trigonometri. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.9856
Wibowo, R. E., Tri, J., Santoso, B., & Artikel, I. (2020). Pengaruh Praktik Kerja Industri, Prestasi Belajar Dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI SMK. Business and Accounting Education Journal https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/baej