PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK ELEMEN DESAIN PEMODELAN JALAN DAN JEMBATAN KELAS XI DPIB SMK NEGERI 4 PARIAMAN
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas model Learning Cycle 5E dalam
meningkatkan hasil belajar peserta didik pada elemen Desain Pemodelan Jalan dan Jembatan. Dengan jenis
penelitian menggunakan penelitian Tindakan Kelas (PTK), sebanyak tujuh belas peserta didik dari tahun ajaran 2025/2026 sebagai subjek penelitian. Penelitian ini memperlihatkan bahwasanya model Learning Cycle 5E pada mata pelajaran Desain Jalan dan Jembatan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Nilai thitung pada siklus 1 adalah -9,414, nilai thitung pada siklus 2 adalah -7,158, dan nilai ttabel adalah 2,120, sebagaimana didapatkan melalui analisis t-test sampel berpasangan. H0 diterima jika -ttabel ≤ thitung ≤ ttabel dan tingkat signifikansi 0,05. Sehingga, hipotesis Ha diterima, karena nilai thitung tidak memenuhi kriteria penerimaan untuk H0. maka, model Learning Cycle 5E terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI DPIB pada elemen Desain Pemodel Jalan dan Jembatan di SMKN 4 Pariaman.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Bybee, R. W., Taylor, J. A., Gardner, A., Scotter, P. . V., Powell, J. C., Westbrokk, A., & Landes, N. (2006). The BSCS 5E Instructional Model: Origins and Effectiveness.
Fitra, D., & Kunci, K. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Modern. Jurnal Inovasi Edukasi (Vol. 06, Issue 02).
Jaya, I. K. G. P., & Indrayani, L. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 34. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i1.28425
Ningrum, A. S. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar (Metode Belajar). Prosiding Pendidikan Dasar: https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.186
Purwaningsih, I., Hernawati, L., Wardarita, R., & Indah Utami, P. (2022). Pendidikan Sebagai Suatu Sistem. Jurnal Visionary. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/visionary
Razi, A., & Wabahey, A. (2024). Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi di SMK Jurusan DPIB. ADIBA: Journal Of Education, 4(2), 286–294.
Sa’diyah, I. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Memahami Spesifikasi dan Karakteristik Kayu Melalui Aplikasi “Wood Glossary” di Kelas X DPIB 1 SMKN 1 Udanawu. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah |, 323(2), 30–42. https://doi.org/10.28926/jtpdm.v1i1.1
Shofiah, S., Lukito, A., Yuli, T., & Siswono, E. (2018). Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbasis Pengajuan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Topik Trigonometri. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.9856
Wibowo, R. E., Tri, J., Santoso, B., & Artikel, I. (2020). Pengaruh Praktik Kerja Industri, Prestasi Belajar Dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI SMK. Business and Accounting Education Journal https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/baej