PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL BERBASIS FLIPBOOK PADA ELEMEN GAMBAR TEKNIK MATERI ETIKET GAMBAR DI SMK NEGERI 2 SIJUNJUNG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pendidikan kejuruan menuntut pembelajaran yang tidak hanya berfokus pada teori, tetapi juga keterampilan praktis yang relevan dengan dunia kerja. Salah satu aspek penting dalam pembelajaran gambar teknik adalah kemampuan siswa memahami etiket gambar sebagai identitas penting dalam setiap gambar kerja. Namun, berdasarkan hasil observasi di SMK Negeri 2 Sijunjung, ditemukan bahwa pemahaman siswa terhadap materi etiket gambar masih rendah karena penggunaan media pembelajaran yang monoton dan kurang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku digital berbasis Flipbook yang valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran elemen gambar teknik materi etiket gambar. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Subjek penelitian terdiri atas 45 siswa kelas X program keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) SMK Negeri 2 Sijunjung, serta empat validator ahli, yaitu dua ahli materi dan dua ahli media. Data dikumpulkan menggunakan angket validasi dan praktikalitas, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil validasi memperoleh skor rata-rata 88,5% (kategori sangat valid), sedangkan hasil praktikalitas memperoleh skor rata-rata 86,3% (kategori sangat praktis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran buku digital berbasis Flipbook layak digunakan sebagai media pendukung pembelajaran yang efektif dan menarik pada mata pelajaran gambar teknik.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Badan Standardisasi Nasional. (2020). Gambar teknik — Aturan umum penyajian — Bagian 1: Pengantar dan persyaratan umum (NI ISO 128:2006). Jakarta: BSN.
Kamalova, A. (2024). Teknik untuk menyampaikan identitas pengarang dalam sebuah karya seni. Jurnal Teknik Sipil dan Desain.
Mokaya, P., & Ronoh, E. (2024). E-book as a learning tool in vocational education. Journal of Vocational Studies.
Paramitha, D., Prasetyo, Z. K., Jumadi, J., & Siregar, A. N. (2023). Pengaruh penggunaan materi e-book pembelajaran berbasis masalah pada peralatan optik terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 9(2), 155–162.
Perdani, Y. D., Indrawati, D., Sofiani, N., & Istanti, W. (2025). Memahami penulisan surat elektronik untuk siswa sekolah kejuruan: Materi dan praktik. SEEIJ (Jurnal Internasional Ekonomi Sosial dan Ekologi), 7(1), 45–52.
Shadiev, R., Reynolds, B. L., & Li, R. (2024). Pemanfaatan teknologi digital untuk pengajaran dan pembelajaran berkelanjutan. Sustainability, 16(8), 1–12.
Sharma, D., & Verma, S. (2024). Interactive flipbook as an effective digital learning media. Journal of Digital Education, 5(1), 25–34.
Siddik, M. F., & Mahariah, M. (2023). Reduksi kejenuhan belajar sejarah kebudayaan Islam: Analisis variasi metode dan media pembelajaran berbasis digital. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(3), 220–231.
Suryono, & Sudira. (2024). Pengembangan video tutorial mata pelajaran konstruksi bangunan dan utilitas berbantuan aplikasi Bandicam untuk siswa kelas XI SMK. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 6(1), 50–60.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Minneapolis, MN: University of Minnesota.
Unayah, H., Rasyid, M. N. A., Suyanta, S., Wilujeng, I., & Rahmawati, L. (2024). Studi terbaru tentang implementasi flipbook sebagai media dalam pendidikan sains di era digital: Tinjauan pustaka sistematis. Jurnal Pendidikan Sains Unnes, 13(1), 12–21.