PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP KOMPETENSI MENGAJAR MAHASISWA PPLK UNP DI SMK DHUAFA PADANG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru pamong terhadap kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional mahasiswa PPLK Universitas Negeri Padang di SMK Dhuafa Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh guru pamong yang membimbing mahasiswa PPLK di SMK Dhuafa Padang, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan berupa teknik nonprobability sampling dengan metode sampling total. Instrumen penelitian berupa angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan Derajat Pencapaian (DP) untuk mengetahui kecenderungan persepsi guru pamong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan persepsi guru pamong terhadap kompetensi mengajar mahasiswa PPLK berada pada kategori “Baik” dengan persentase 75,64%. Pada kompetensi pedagogik persentase persepsi guru pamong sebesar 76,03% dengan kategori “Baik”, pada kompetensi kepribadian persentase persepsi guru pamong sebesar 74,77% kategori “Baik”, pada kompetensi sosial persentase persepsi guru pamong sebesar 78,11% dengan kategori “Baik”, dan kompetensi professional persentase persepsi guru pamong sebesar 74,24% dengan kategori “Baik”. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mahasiswa PPLK Universitas Negeri Padang di SMK Dhuafa Padang telah memiliki kompetensi dasar yang baik sebagai calon guru, namun masih memerlukan pembinaan lebih lanjut untuk meningkatkan profesionalisme dalam kegiatan pembelajaran.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Rineka Cipta.
Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia. (2005). Undang-Undang (UU) tentang guru dan dosen nomor 14. Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia, 2. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjWxrKeif7eAhVYfysKHcHWAOwQFjAAegQICRAC&url=https%3A%2F%2Fwww.ojk.go.id%2Fid%2Fkanal%2Fpasar-modal%2Fregulasi%2Fundang-undang%2FDocuments%2FPages%2Fundang-undang-nomo
Husi, L., & Rumpuin, L. A. G. (2023). UNES Journal of Education Scienties Open Access at : https://ojs.ekasakti.org/index.php/UJES PERCEPTION OF FAKFAK STATE 1 STATE HIGH SCHOOL ON. 7(May), 1–13.
LP3M Universitas Negeri Padang. (2021). Pedoman Praktik Lapangan Kependidikan. Industry and Higher Education, 3(1), 1689–1699. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288
Musfah, J. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Kencana.
Riduwan, & Sunarto, H. (2011). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendididkan, Sosial, Ekonomi Komunikasi, dan Bisnis (Akdon). Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif , dan R&D. Alfabeta.