ANALISIS KINERJA BUS TRANS PADANG (STUDI KASUS : KORIDOR II, RUTE PUSAT KOTA – BUNGUS TELUK KABUNG)
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Bus Trans Padang merupakan moda transportasi umum berbasis Bus Rapid Transit (BRT) yang menjadi andalan mobilitas masyarakat Kota Padang. Koridor II yang melayani rute Pusat Kota (RTH Imam Bonjol) – Bungus Teluk Kabung merupakan salah satu koridor terbaru yang mulai beroperasi pada September 2024. Namun, terdapat beberapa masalah dalam pengoperasiannya yang dapat menyebabkan penurunan kualitas pelayanan seperti fasilitas halte dan bus yang kurang memadai, maupun waktu tunggu penumpang yang cukup lama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja operasional Bus Trans Padang Koridor II berdasarkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang ditetapkan oleh Keputusan Dirjen Perhubungan Darat No. SK.687/AJ.206/DRJD/2002 dan PM No. 10 Tahun 2012. Parameter yang dianalisis meliputi load factor, waktu perjalanan, waktu henti, cycle time, waktu berhenti di halte, jarak antar halte, kecepatan kendaraan, headway, waktu tunggu, dan jumlah armada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 4 dari 10 parameter (40%) yang memenuhi standar, yaitu waktu perjalanan, waktu berhenti di halte, jarak antar halte, dan waktu tunggu. Sementara itu, 6 parameter lainnya seperti load factor (37,8%), waktu henti (19,3 menit), cycle time (167,3 menit), kecepatan (29,3 km/jam), headway (12,8 menit), dan jumlah armada (12 unit) belum sesuai standar. Rekomendasi perbaikan meliputi penambahan armada, optimalisasi waktu henti, peningkatan kualitas pelayanan, dan implementasi e-ticketing.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Halim, R., Iksan, M., Alfandi, F., & Yuliana, V. (2023). UPAYA MENGURANGI KEMACETAN LALU LINTAS DI SEPANJANG JALAN ADINEGORO KOTA PADANG (Vol. 23, Issue 1).
J. Amahoru, Suryanto, I., & Sean, B. P. (2022). Analisis Kebutuhan Armada Berdasarkan Visualisasi Pengalihan Trayek Angkutan Kota LIN III. 8.
Kementrian Perhubungan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 98 Tahun 2013 Tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Dalam Trayek.
Mareta, Y. V., & Suryanef. (2022). Kualitas Pelayanan Trans Padang sebagai Sarana Transportasi Publik di Kota Padang. In Journal of Civic Education (Vol. 5, Issue 3).
Roza, A., Misriani, M., Arradhiy, S., & Rusli, A. M. (2023). Jurnal Ilmiah Rekayasa Sipil Analisis Kompetisi Moda Trans Padang pada Koridor V (Studi Kasus: Indarung-Pasar Raya Padang). 20(1). http://ejournal2.pnp.ac.id/index.php/jirs/TerakreditasiSINTAPeringkat5