ANALISIS PENERAPAN MODEL WORK BASED LEARNING PADA PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN INFORMASI BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 PADANG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model Work Based Learning (WBL) pada Program Keahlian Desain Pemodelan Informasi Bangunan (DPIB) di SMK Negeri 1 Padang. Latar belakang penelitian ini berangkat dari kesenjangan antara kompetensi lulusan SMK dengan kebutuhan industri konstruksi yang menuntut keterampilan praktis, kolaboratif, dan adaptif terhadap perkembangan teknologi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan responden terdiri dari siswa kelas XII TP.2024/2025, guru pembimbing, dan mitra industri. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dokumentasi yang mencakup tiga aspek utama: Pembelajaran Kontekstual (kesiapan guru, kurikulum, dan fasilitas), Keterlibatan Dunia Industri (pelaksanaan pembelajaran dan keterlibatan industri), serta Dampak Work Based Learning (kompetensi siswa dan kepuasan mitra industri). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model WBL efektif meningkatkan kompetensi teknis dan nonteknis siswa serta memperkuat kemitraan antara sekolah dan dunia industri. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan kolaborasi kurikulum dan evaluasi berbasis industri untuk meningkatkan relevansi pendidikan vokasi terhadap kebutuhan dunia kerja.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.