PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR APLIKASI PERANGKAT LUNAK SMK NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fitri Mala Efendi
Juniman Silalahi

Abstract

Abstrak: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana hasil dari penggunaan model Blended Learning terhadap hasil belajar Aplikasi Perangkat Lunak siswa SMK Negeri 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dan rancangan untuk penelitian digunakan adalah nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Padangsidimpuan. Sampel pada penelitian ini sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa DPIB 1 sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa DPIB 3 sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan pre-test untuk mengukur pengetahuan awal siswa kemudian diberikan post-test untuk mengukur pengetahuan siswa setelah diberi perlakuan. Lalu, dilaksanakannujinpersyaratannanalisissmenggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, serta untuk uji hipotesis digunakan statistik parametris dengan uji t-test. Hasil yang sudah didapatkan kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan pengujian hipotesis didapatkan thitung 3,923 > ttabel dengan taraf signifikansi 5% = 2,045, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh hasil belajar siswa menggunakan model Blended Learning dengan siswa yang menggunakan metode konvensional pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak di kelas XI DPIB SMK Negeri 2 Padangsidimpuan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Efendi, F., & Silalahi, J. (2021). PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR APLIKASI PERANGKAT LUNAK SMK NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 2(2), 194-198. https://doi.org/10.24036/asce.v2i2.144566