FAKTOR KESULITAN BERBASIS DALAM JARINGAN (DARING) PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNG SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 PADANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ona Pebiani
Yaumal Arbi

Abstract

Abstrak: Pandemi covid-19 memberikan tantangan tersendiri bagi sistem pendidikan di Indonesia. Pembelajaran yang sebelumnya dilaksanakan dengan luring selanjutnya dialihkan menjadi daring, hal ini membuat peserta didik dan pendidik mengalami beberapa kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan capaian faktor kesulitan siswa pada pembelajaran bebasis daring dalam mengikuti mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung kelas XI  di SMK Negeri 1 Padang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan Proportional Random Sampling sebagai teknik pengambilan data, dengan jumlah populasi adalah sebanyak 58 responden dan  sampel yang diambil adalah sebanyak 48 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala Likert yang terdiri dari 5 pilihan jawaban. Jumlah item dalam angket penelitian adalah sebanyak 33 butir pernyataan. Data yang didapat kemudian diolah untuk mencari persentase tiap indikator dan persentase keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan capaian faktor kesulitan siswa pada pembelajaran  berbasis daring dalam mengikuti mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung kelas XI  di SMK Negeri 1 Padang adalah: (1) Faktor kesulitan guru termasuk kedalam kategori kurang (61.38%). (2) Faktor Kesulitan Siswa termasuk kedalam kategori kurang  (61.34%). (3) Faktor Kesulitan Orang tua Padang termasuk kedalam kategori kurang (56.60%). (4) Faktor Kesulitan Sistem termasuk kedalam kategori kurang (56.87%).

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Pebiani, O., & Arbi, Y. (2021). FAKTOR KESULITAN BERBASIS DALAM JARINGAN (DARING) PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNG SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 PADANG. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 2(1), 73-79. https://doi.org/10.24036/asce.v2i1.151566