FAKTOR KESULITAN BERBASIS DALAM JARINGAN (DARING) PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNG SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 PADANG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstrak: Pandemi covid-19 memberikan tantangan tersendiri bagi sistem pendidikan di Indonesia. Pembelajaran yang sebelumnya dilaksanakan dengan luring selanjutnya dialihkan menjadi daring, hal ini membuat peserta didik dan pendidik mengalami beberapa kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan capaian faktor kesulitan siswa pada pembelajaran bebasis daring dalam mengikuti mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung kelas XI di SMK Negeri 1 Padang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan Proportional Random Sampling sebagai teknik pengambilan data, dengan jumlah populasi adalah sebanyak 58 responden dan sampel yang diambil adalah sebanyak 48 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala Likert yang terdiri dari 5 pilihan jawaban. Jumlah item dalam angket penelitian adalah sebanyak 33 butir pernyataan. Data yang didapat kemudian diolah untuk mencari persentase tiap indikator dan persentase keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan capaian faktor kesulitan siswa pada pembelajaran berbasis daring dalam mengikuti mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung kelas XI di SMK Negeri 1 Padang adalah: (1) Faktor kesulitan guru termasuk kedalam kategori kurang (61.38%). (2) Faktor Kesulitan Siswa termasuk kedalam kategori kurang (61.34%). (3) Faktor Kesulitan Orang tua Padang termasuk kedalam kategori kurang (56.60%). (4) Faktor Kesulitan Sistem termasuk kedalam kategori kurang (56.87%).
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.