PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI 3D BERBASIS SKETCHUP PADA MATA KULIAH APLIKASI KONSTRUKSI BATU
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pada penelitian ini memiliki maksud tujuan untuk menghasilkan meedia pembelajaran video animasi 3D berbasis SketchUp pada Mata Kuliah Aplikasi Konstruksi Batu dalam bentuk CD. Penelitian pengembangan ini menggunakan tahap Research and Development yang memiliki konsep model 4D. Instrumen yang digunakan berupa angkep penilaian media pembelajaran untuk validator ahli materi, ahli media dan mahasiswa. Berdasarkan penilaian produk pada video animasi 3D Aplikasi Konstruksi Batu oleh kedua validator ahli materi memperoleh skor 3,75 pada aspek teori masuk dalam kategori sangat baik dan 3,65 pada aspek praktikum masuk kategori sangat baik. Ahli media menilai dengan perolehan skor 3,57 pada aspek tampilan video dan 4,00 pada aspek pemrograman masuk dalam kategori sangat baik. Penilaian 16 mahasiswa mendapatkan nilai rata-rata 3,55 masuk dalam kategori sangat baik untuk video animasi 3D. Berdasarkan hasil penilaian, media yang dihasilkan dinyatakan sangat baik.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran, Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian & Pengembangan: Research and Development. Bandung: Alfabeta.