ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA XI DPIB SMK N 1 TANJUNG RAYA SAAT PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor dominan kesulitan belajar yang dialami siswa XI Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) selama melaksanakan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK N 1 Tanjung Raya pada bulan Maret 2021. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI DPIB sebanyak 18 orang siswa. Adapun teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling yaitu mengambil jumlah sampel sebanyak jumlah populasi, karena populasinya kurang dari 100 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner yang disebarkan kepada responden melalui Google Form. Berdasarkan hasil penelitian, maka didapat kesimpulan bahwa faktor-faktor dominan yang menyebabkan siswa kesulitan melaksanakan pembelajaran daring terdapat pada faktor internal (dalam diri siswa), yaitu faktor minat dan faktor sikap siswa terhadap pembelajaran daring.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.
Martono, Nanang. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder (ed.rev2). Jakarta: Rajawali Pers.
Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Prenadamedia Group.
Hanik, Asti Noor. (2015). Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pengolahan Makanan Kontinental Siswa Kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Wonosari. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: UNY.
Arini, Ni Kadek Sukiati dan M. Fakhrurrozi. (2008). Pengaruh Tingkat Intelegensi dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas II SMA Negeri 99 Jakarta. Unpublished Laporan Penelitian. Jakarta: Universitas Gunadarma.
Sari, Dyah Purnama dan Panggung Sutapa. (2020). Efektifitas pembelajaran jarak jauh dengan daring selama pandemi Covid-19 Mata pelajaran Pendidikan Jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK). Seminar Nasional Olahraga. 2(1): 19-29.
Ramanta, Deka dan Febi Dwi Widayanti. (2020). Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Kejuruan Putra Indonesia Malang pada Masa Pandemi COVID-19. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling. 61-67.
Suharyat, Yayat. 2009. Hubungan Antara Sikap, Minat dan Perilaku Manusia. Jurnal Region. 1(3): 1-19.
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. (2013). Psikologi Belajar (ed.rev). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Rachmat, Agung dan Iwan Krisnadi. (2020). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring (Online) Untuk Siswa SMK Negeri 8 Kota Tanggerang Pada Saat Pandemi Covid-19. Magister Teknik Elektro Universitas Mercu Buana. 1-7.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya (ed.rev). Jakarta: Rineka Cipta.
Warsita, Bambang. (2008). Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta