KESIAPAN KERJA SISWA SMK JURUSAN DESAIN PERMODELAN INFORMASI BANGUNAN DI SMKN 1 SUMBAR

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ali Muhammad
Juniman Silalahi

Abstract

: Latar belakang penelitian ini menjelaskan tentang belum siapnya siswa SMK untuk terjun bekerja dilapangan. Hal ini didukung oleh observasi yang penulis lakukan secara langsung ke sekolah dan juga pihak industri, beberapa keluhan yang disampaikan yaitu, minimnya penguasaan ilmu dasar, rendahnya kemampuan dalam menggunakan teknologi, kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan, kurang disipilin waktu, kesulitan bekerja sebagai tim dan kurangnya kemampuan dalam mengelola diri. Oleh karena itu perlu di ungkap bagaimana tingkat Kesiapan Kerja Siswa SMKN 1 Sumbar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, populasi pada penelitian ini adalah Siswa Kelas XII SMKN 1 Sumbar jurusan desain permodelan informasi bangunan sejumlah 30 orang. Sedangkan untuk sampel penelitian ini adalah seluruh populasi yang ada (total sampling). Data yang didapat yaitu berupa data primer dan data sekunder. Data primer penulis dapatkan melalui penyebaran angket kepada responden, sedangkan data sekunder didapatkan dari administrasi sekolah berupa jumlah Siswa Kelas XII Jurusan Desain Permodelan Informasi Bangunan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, analisis data statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan kerja siswa SMK Jurusan Desain Permodelan Informasi Bangunan di SMKN 1 Sumbar tergolong baik dengan hasil Derajat Pencapaian (DP) sebesar 81,62 %. Aspek yang memiliki peranan paling besar yaitu komunikasi dengan derajat pencapaian (DP) 86,53% berada dalam kategori baik, dan aspek yang memiliki peranan paling rendah yaitu pandangan diri dengan skor derajat pencapaian (DP) sebesar 72% berada dalam kategori cukup

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Muhammad, A., & Silalahi, J. (2021). KESIAPAN KERJA SISWA SMK JURUSAN DESAIN PERMODELAN INFORMASI BANGUNAN DI SMKN 1 SUMBAR. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 2(2), 221-226. https://doi.org/10.24036/asce.v2i2.163566

References

Lubis, S. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang: Sukabina Press.
Suharsimi, A. 2014. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Universitas Negeri Padang, 2015. Buku Pedoman Akademik FT UNP. Padang: Universitas Negeri Padang.
Yani, A., Mangkunegara, A. A. P., Revisi, P. K. E., & Aditama, R. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta