PENGARUHPENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 BUKITTINGGI
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini adalah pentingnya pengetahuan dan pengalaman sebelum memasuki dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap seberapa basar Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan .Penelitian ini adalah penelitian kuantitaf dengan desain Expost-facto dengan jumlah sampel penelitian 51 orang siswa yang telah selesai melaksanakan praktik kerja industri yaitu kelas XII Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Bukittinggi. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan Skala Likert, yang terdiri dari 5 pilihan jawaban dan 41 pernyataan.Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pengalaman praktik kerja industri mempunyai pengaruh terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII kompetensi keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 1 Bukittinggi, dengan persentase besar pengaruh yang didapat sebesar 33,64%. Untuk itu disarankan adanya penelitian lebih lanjut tentang faktor lain yang mempengaruhi tentang kesiapan kerja siswa agar menjadi pertimbangan bagi sekolah untuk merencanakan faktor tersebut dalam skema pembelajaran.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.