HUBUNGAN ANTARA KINERJA MAHASISWA PLK DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK N 2 PAYAKUMBUH

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Putri Aulia Mayang Sari
Totoh Andayono

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya kemampuan mahasiswa PLK dalam melaksanakan pembelajaran untuk mencapai hasil yang lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan antara kinerja mahasiswa PLK dengan hasil belajar siswa di SMK N 2 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah guru pamong SMK N 2 Payakumbuh yang berjumlah 37 orang guru pamong. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Total Sampling sehingga seluruh anggota populasi digunakan sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner menggunakan skala Likert dan disebarkan kepada reponden secara langsung. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis korelasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara kinerja Mahasiswa PLK dengan hasil belajar siswa di SMK N 2 Payakumbuh. Kinerja mahasiswa PLK memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Besarnya hubungan kinerja mahasiswa PLK terhadap hasil belajar siswa adalah 21,07% sedangkan sisanya 78,93% berhubungan dengan faktor-faktor lain.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sari, P., & Andayono, T. (2021). HUBUNGAN ANTARA KINERJA MAHASISWA PLK DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK N 2 PAYAKUMBUH. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 2(3), 243-248. https://doi.org/10.24036/asce.v2i3.173566

References

Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Sjukur, S. B. (2012). Pengaruh Blended Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK.Jurnal Pendidikan Vokasi , 368-378.

Sudaryono.(2018). Metodologi Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Usman, M. U. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.