HUBUNGAN NILAI PPLK TERHADAP TINGKAT KESIAPAN MENJADI GURU MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN ANGKATAN 2016 UNP

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rocky Martin
Juniman Silalahi

Abstract

Latar belakang penelitian ini mahasiswa lulus dengan perolehan nilai rata-rata baik, akan tetapi dilihat kepada pelaksanaan PPLK mahasiswa masih belum siap dilapangan. Pada program PPLK mahasiswa lolos dengan perolehan nilai akhir diterimanya dalam lingkup baik. Oleh sebab itu perlu diteliti apakah terdapat hubungan nilai PPLK terhadap tingkat kesiapan menjadi guru Mahasiswa PTB  Angkatan 2016 UNP. Penelitian ini adalah termasuk kedalam jenis penelitian deskriptif korelasional. Sedangkan populasi pada penelitian ini berjumlah 44 orang mahasiswa PTB angkatan 2016 yang telah melaksanakan PPLK. Sedangkan sampel yang digunakan penelitian adalah seluruh populasi yang ada (total sampling). Penelitian ini mendapatkan data dari dua sumber  yaitu data primer dengan data sekunder. Data primer ini didapat dari angket yang diberikan kepada responden atau mahasiswa yang akan diteliti, dan data sekunder yang didapat melalui Unit UPPL dengan rekap nilai PPLK pendidikan teknik bangunan angkatan 2016. Teknik yang digunakan pada penelitian ini yaitu: 1) Deskriptif analisis data, 2) Analisis uji persyaratan yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas, 3) hipotesis yang terdiri dari analisis korelasi dan uji signifikansi. Dan hasil pada penelitian ini membuktikan bahwa ada korelasi cukup kuat dan signifikan antara Nilai PPLK terhadap tingkat kesiapan menjadi guru Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Angkatan 2016 Universitas Negeri Padang, rhitung (0,414) >  rtabel (0,297).

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Martin, R., & Silalahi, J. (2021). HUBUNGAN NILAI PPLK TERHADAP TINGKAT KESIAPAN MENJADI GURU MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN ANGKATAN 2016 UNP. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 2(3), 249-253. https://doi.org/10.24036/asce.v2i3.177566

References

Payong, Marselus. R. 2011. Sertifikasi Profesi Guru, Konsep Dasar, Problematika, dan Implementasinya. Jakarta: PT Indeks Permata Puri Media.

Suryani & Hendryadi. 2016. Metode Riset Kuantitatf. Jakarta: Prenada Media Grup.