PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL MENGGUNAKAN APLIKASI VN (VLOGNOW) PADA MATA KULIAH REKAYASA PLUMBING DAN SANITASI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Anwari Fitra
Jonni Mardizal

Abstract

Abstrak: Permasalahan yang ada pada Mata Kuliah Rekyasa Plumbing dan Sanitasi saat ini adalah perkuliahan praktikum yang dilakukan secara daring (online), Metode pembelajaran dengan menggunakan sistem daring (online) hanya efisien terhadap penyampaian materi berupa teori. Dampak dari mata kuliah praktikum yang dilaksanakan secara daring (online) adalah kurang optimalnya mengajar dan kegiatan penilaian motorik mahasiswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuat media pembelajaran berbasis video tutorial pada Materi Pekerjaan Sambungan Plat. Penelitian ini menggunakan tahapan penelitian dan pengembangan yang disesuaikan dengan model 4D. Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian media pembelajaran yang diisi oleh ahli materi, ahli media dan mahasiswa. Berdasarkan penilaian dari video tutorial pekerjaan sambungan plat oleh Ahli Materi 1, penilaian dari aspek materi memperoleh skor 3,43, aspek kebahasaan memperoleh skor  3,00 dan aspek media memperoleh skor 3,83. Penilaian dari Ahli Materi 2, dari aspek materi memperoleh skor 4,00,  aspek kebahasaan memperoleh skor 3,83 dan aspek media memperoleh skor 3,83. Selanjutnya Penilaian oleh Ahli Media dari aspek materi mendapat skor 3,43, aspek penyajian memperoleh skor 3,33, dan aspek media mendapat skor 3,67. Sejalan dengan penilaian dari Dosen Ahli Materi dan Ahli Media, Penilaian dari mahasiswa yang berjumlah 20 menunjukkan rata-rata 3,15 untuk video tutorial tersebut. Menurut hasil penilaian, produk media pembelajaran yang dihasilkan dinyatakan sangat baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fitra, A., & Mardizal, J. (2021). PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL MENGGUNAKAN APLIKASI VN (VLOGNOW) PADA MATA KULIAH REKAYASA PLUMBING DAN SANITASI. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 2(3), 270-275. https://doi.org/10.24036/asce.v2i3.185566