PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL MENGGUNAKAN APLIKASI VN (VLOGNOW) PADA MATA KULIAH REKAYASA PLUMBING DAN SANITASI
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstrak: Permasalahan yang ada pada Mata Kuliah Rekyasa Plumbing dan Sanitasi saat ini adalah perkuliahan praktikum yang dilakukan secara daring (online), Metode pembelajaran dengan menggunakan sistem daring (online) hanya efisien terhadap penyampaian materi berupa teori. Dampak dari mata kuliah praktikum yang dilaksanakan secara daring (online) adalah kurang optimalnya mengajar dan kegiatan penilaian motorik mahasiswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuat media pembelajaran berbasis video tutorial pada Materi Pekerjaan Sambungan Plat. Penelitian ini menggunakan tahapan penelitian dan pengembangan yang disesuaikan dengan model 4D. Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian media pembelajaran yang diisi oleh ahli materi, ahli media dan mahasiswa. Berdasarkan penilaian dari video tutorial pekerjaan sambungan plat oleh Ahli Materi 1, penilaian dari aspek materi memperoleh skor 3,43, aspek kebahasaan memperoleh skor 3,00 dan aspek media memperoleh skor 3,83. Penilaian dari Ahli Materi 2, dari aspek materi memperoleh skor 4,00, aspek kebahasaan memperoleh skor 3,83 dan aspek media memperoleh skor 3,83. Selanjutnya Penilaian oleh Ahli Media dari aspek materi mendapat skor 3,43, aspek penyajian memperoleh skor 3,33, dan aspek media mendapat skor 3,67. Sejalan dengan penilaian dari Dosen Ahli Materi dan Ahli Media, Penilaian dari mahasiswa yang berjumlah 20 menunjukkan rata-rata 3,15 untuk video tutorial tersebut. Menurut hasil penilaian, produk media pembelajaran yang dihasilkan dinyatakan sangat baik.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.