EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI SMK N 5 PADANG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi komunikasi membantu meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring di SMK N 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Padang pada bulan Mei 2021. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X Jurusan Desain Permodelan Informasi Bangunan dan Bisnis Kontruksi dan Properti sebanyak 91 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan angket. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah verifikasi data menggunakan bantuan Microsoft Excel dan analisis deskriptif menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian yang dilakukan adalah efektifitas pembelajaran daring pada mata pelajaran gambar teknik di SMK N 5 Padang didukung oleh sarana dan prasarana pembelajaran dengan hasil Derajat Pencapaian (DP) sebesar 76,29% dengan kategori cukup. Kemudian kemampuan guru dan siswa menggunakan teknologi dengan hasil Derajat Pencapaian (DP) sebesar 65,54% dengan kategori cukup. Faktor yang paling rendah untuk efektifitas pembelajaran daring pada mata pelajaran gambar teknik di SMK N 5 Padang yaitu efisien waktu dengan hasil Derajat Pencapaian (DP) sebesar 55, 69% dengan kategori rendah. Derajat Pencapaian (DP) variabel efektifitas pembelajaran daring di SMKN 5 Padang sebesar 60,56% dengan kategori rendah.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.