HUBUNGAN KESIAPAN MELAKSANAKAN PRAKERIN DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG SISWA SMK N 1 TILATANG KAMANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Lativah Lativah
Yuwalitas Gusmareta

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesiapan melaksanakan prakerin dengan hasil belajar mata pelajaran APLPIG siswa SMK N 1 Tilatang Kamang. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK N 1 Tilatang Kamang pada bulan April 2021. Populasi pada penelitian ini adalah siswa jurusan Desain Permodelan dan Informasi Bangunan yang telah selesai melaksanakan prakerin. Adapun teknik sampling pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling yaitu mengambil jumlah sampel sebanyak jumlah populasi, karena populasinya kurang dari 100 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan penyebaran angket kepada responden. Berdasarkan hasil penelitian, maka didapat kesimpulan bahwa tidak terdapat hubungan antara kesiapan melaksanakan prakerin dengan hasil belajar Mata Pelajaran APLPIG Siswa SMK N 1 Tilatang Kamang.


 


 


Kata Kunci: hubungan prakerin, hasil belajar, aplikasi perangkat lunak perancangan interior gedung.


 


Abstract : This study aims to determine the relationship between readiness to carry out internships with learning outcomes of APLPIG subjects for students of SMK N 1 Tilatang Kamang. This research is a type of descriptive research with quantitative methods. This research was conducted at SMK N 1 Tilatang Kamang in April 2021. The population in this study were students majoring in Modeling Design and Building Information who had finished carrying out internships. The sampling technique in this study uses a total sampling technique, namely taking as many samples as the total population, because the population is less than 100 people. The data collection technique used in this research is the distribution of questionnaires to the respondents. Based on the results of the study, it was concluded that there was no relationship between readiness to carry out internships with learning outcomes for APLPIG Subjects for Students of SMK N 1 Tilatang Kamang. 


 


Keyword : internship relationship, learning outcomes, building interior design software application.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Lativah, L., & Gusmareta, Y. (2021). HUBUNGAN KESIAPAN MELAKSANAKAN PRAKERIN DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG SISWA SMK N 1 TILATANG KAMANG. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 2(3), 287-293. https://doi.org/10.24036/asce.v2i3.191566

References

Azwar, S. (2000). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Belajar.
Riduwan & K. A. Engkos. 2012. Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta.
Syahron, Lubis. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang: Sukabina Press.