Analisis Tingkat Kenyamanan Termal Laboratorium Gambar SMK Negeri 1 Sumatera Barat
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Hasil pengamatan yang penulis lakukan terhadap kenyamanan ruang laboratorium gambar di SMK Negeri 1 Sumatera Barat, bertujuan untuk mengetahui bagaimana standar kenyaman ruang berdasarkan standar kenyamanan termal serta PMV(Predicted Mean Vote) di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan pengukuran.Analisis ini membandingkan bagaimanana PMV ruang terbuka dan PMV ruang tertutup. Untuk mengetahui bagaimana standar kenyamanan termal, Peneliti melakukan teknik pengamatan (observasi), pengukuran, dan dokumentasi dilakukan di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Teknik pengukuran diambil dengan data di lapangan akan diperoleh dari 4 titik pengukuran yaitu, pengukuran temperatur, kecepatan, kelembaban udara dan radiasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah indeks kenyamanan termal PMV rata-rata ruang gambar program studi teknik gambar bangunan SMK Negeri 1 Sumatera Barat keadaan jendela terbuka seluruhnya yang masuk dalam zona nyaman hanya pukul 07.00 dengan indeks PMV 0,14, sedangkan pukul 08.00, 09.00, 10.00, 11.00, 12.00, 13.00, 14.00 indeks PMV sudah keluar dari zona nyaman. Indeks kenyamanan termal PMV rata-rata ruang gambar program studi teknik gambar bangunan SMK Negeri 1 Sumatera Barat keadaan jendela tertutup seluruhnya yang masuk dalam zona nyaman hanya pukul 07.00 dengan indeks PMV 0,44, sedangkan pukul 08.00, 09.00, 10.00, 11.00, 12.00, 13.00, 14.00 indeks PMV sudah keluar dari zona nyaman.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.