HUBUNGAN KENDALA PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH GAMBAR TEKNIK.
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstrak: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan teknologi, karakteristik pengajar, karakteristik mahasiswa terhadap hasil belajar online pada Mata Kuliah Gambar Teknik. Populasi penelitian ini adalah pengajar Mata Kuliah Gambar Teknik sebanyak 5 orang dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil tahun masuk 2020 sebanyak 63 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan Nonprobability Sampling dengan jumlah populasi pengajar (N) dan mahasiswa (N) 63 pada tarif signifikan (α) 0.05. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala Likert yang terdiri dari empat pilihan jawaban. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan teknologi, karakteristik pengajar, karakteristik mahasiswa terhadap hasil belajar online pada Mata Kuliah Gambar Teknik adalah (1) Pengajar, (a) Teknologi termasuk dalam kategori baik (83.18%), (b) Karakteristik Pengajar termasuk dalam kategori baik (82.22%), maka variabel X1 baik sebesar (82.58%). (2) Mahasiswa, (a) Teknologi termasuk dalam kategori cukup (75.43%), (b) Karakteristik Mahasiswa termasuk dalam kategori cukup (70.12%), maka variabel X2 cukup sebesar (72.78%).
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.