HUBUNGAN KENDALA PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH GAMBAR TEKNIK.

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Weni Jumadi
Yaumal Arbi

Abstract

Abstrak: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan teknologi, karakteristik pengajar, karakteristik mahasiswa terhadap hasil belajar online pada Mata Kuliah Gambar Teknik. Populasi penelitian ini adalah pengajar Mata Kuliah Gambar Teknik sebanyak 5 orang dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil tahun masuk 2020 sebanyak 63 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan Nonprobability Sampling dengan jumlah populasi pengajar (N) dan mahasiswa (N) 63 pada tarif signifikan (α) 0.05. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala Likert yang terdiri dari empat pilihan jawaban. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan teknologi, karakteristik pengajar, karakteristik mahasiswa terhadap hasil belajar online pada Mata Kuliah Gambar Teknik adalah (1) Pengajar, (a) Teknologi termasuk dalam kategori baik (83.18%), (b) Karakteristik Pengajar termasuk dalam kategori baik (82.22%), maka variabel X1 baik sebesar (82.58%). (2) Mahasiswa, (a) Teknologi termasuk dalam kategori cukup (75.43%), (b) Karakteristik Mahasiswa termasuk dalam kategori cukup (70.12%), maka variabel X2 cukup sebesar (72.78%).


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Jumadi, W., & Arbi, Y. (2021). HUBUNGAN KENDALA PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH GAMBAR TEKNIK. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 2(3), 308-312. https://doi.org/10.24036/asce.v2i3.210566