HUBUNGAN TEKNOLOGI, KARAKTERISTIK PENGAJAR, KARAKTERISTIK MAHASISWA TERHADAP HASIL BELAJAR E-LEARNING PADA MATA KULIAH GAMBAR BESTEK BANGUNAN
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstrak: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan teknologi, karakteristik pengajar, karakteristik mahasiswa terhadap hasil belajar e-learning pada mata Kuliah Gambar Bestek Bangunan. Populasi penelitian ini adalah pengajar mata Kuliah Gambar Bestek Bangunan sebanyak 5 orang dan mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil tahun masuk 2019 sebanyak 67 orang, semua populasi dijadikan sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik nonprobality sampling dengan jumlah populasi pengajar (N) 5 dan mahasiswa (N) 67 pada tarif signifikasi (α) 0.05. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala Likert yang terdiri dari 4 pilihan jawaban. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan teknologi, karakteristik pengajar, karakteristik mahasiswa terhadap hasil belajar e-learning pada Mata Kuliah Gambar Bestek Bangunan adalah: (1) Pengajar, (a) Teknologi termasuk kedalam kategori baik (80.80%), (b) Karakteristik Pengajar termasuk kedalam kategori baik (85.83%) maka variabel X1 baik sebesar (84.4%), (2) Mahasiswa, (a) Teknologi termasuk kedalam kategori cukup (79.01%), (b) Karakteristik Mahasiswa termasuk kedalam kategori cukup (69.68%) maka variabel X2 cukup sebesar (75.07%).
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.