KENDALA-KENDALA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN (PTB) UNIVERSITAS NEGERI PADANG TERHADAP PERKULIAHAN DARING MATA KULIAH ANALISIS STRUKTUR di MASA PANDEMI COVID-19

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ari Frediannata
Eka Juliafad

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh terjadinya pandemi COVID-19 yang mempengaruhi pembelajaran analisis struktur mahasiswa PTB FT UNP 2018 sehingga pembelajaran tatap muka harus diganti dengan pembelajaran dalam jaringan atau online yang mempengaruhi proses pembelajaran mahasisw PTB FT
UNP 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala-kendala perkuliahan mahasiswa PTB terhadap perkuliahan daring mata kuliah analisis struktur di masa pandemic covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif yang menggunakan pendekatan metode kuantitatif dimana peneliti
melakukan penelitian ini menggunakan angket atau kuisioner yang nantinya akan peneliti sebarkan kepada responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kendala terkait proses pembelajaran daring mata kuliah analisis struktur di masa pandemic covi-19. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan
Derajat pencapaian dengan presentase DP=53,47% pada sub indikator akses internet. Mahasiswa kesulitan dalam memperoleh jaringan yang stabil untuk proeses perkuliahan daring.Kata Kunci: Kendala, Perkuliahan Daring, Analisis Struktur, Covid-19

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Frediannata, A., & Juliafad, E. (2022). KENDALA-KENDALA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN (PTB) UNIVERSITAS NEGERI PADANG TERHADAP PERKULIAHAN DARING MATA KULIAH ANALISIS STRUKTUR di MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 3(1), 60-64. https://doi.org/10.24036/asce.v3i1.219566

References

A, M. S. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo.
Asep, J. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Press.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmadi, Hamid (2011). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Dampak Pandemi COVID-19 pada pendidikan. (2020, Januari 17). Retrieved from Wikipedia, Ensiklopedia Bebas: https://en.wikipedia.org/wiki/Impact_of_the_COVID-19_pandemic_on_education
Giatman M, Sri Siswati, Irma Yulia Basri. (2020). online learning quality control in the pandemic covid-19 era in indonesia. Journal of Nonformal Education, 168-175.
isman, M. (2016). PEMBELAJARAN MODA DALAM JARINGAN (MODA DARING. The Progressive and Fun Education Seminar, 587.
KBBI. (2020, November 10). Definisi atau arti kata kendala berdasarkan KBBI Online. Diambil kembali dari typoonline: https://typoonline.com/kbbi/kendala
Lailatussaadah, F. E. (2020). FAKTOR-FAKTOR PENUNJANG DAN PENGHAMBAT PELAKSANAAN. International Journal of Child and Gender Studies, 41-50.
Mustofa, M. I. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya. Walisongo Journal of Information Technology, 151-160.
Pandemi covid-19. (2020, oktober rabu). Diambil kembali dari wikipedia, Ensiklopedia bebas: https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Pandemi_COVID-19_di_Indonesia&oldid=18128388
Pandemic covid-19. (2020, Desember 29). Retrieved from Wikipedia, Ensiklopedia bebas:https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Pandemi_COVID-19&oldid=18202359
Pemdikbud, P. W. (2020, Maret 17). Kemendikbud. Diambil kembali dari SE Mendikbud: Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah untuk Mencegah Penyebaran Covid-19: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19
PP 37 2009 Tentang Dosen . (2019, Juli 21). Retrieved from Jogloabang: https://www.jogloabang.com/pendidikan/pp-37-2009-dosen#:~:text=yang%20dimaksud%20dengan%3A-,Dosen%20adalah%20pendidik%20profesional%20dan%20ilmuwan%20dengan%20tugas%20utama%20mentransformasikan,penelitian%2C%20dan%20pengabdian%20kepada%20masyarakat.&text=
Prawira, P. A. (2012). Psikologi Pendidikan Dalam Prespektif Baru. jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Sakinah, T. (2020, Maret 23). Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli. Retrieved from STIE PASIM: https://www.stiepasim.ac.id/pengertian-ilmu-ekonomi-menurut-para-ahli/
SANDI, R. P. (2014). Penerapan Online Learning di UNNES. Kumpulan Artikel Mahasiswa.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sutikno, d. d. (2018). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA LABORATORIUM NYATA. Bivalen: Chemical Studies Journal, 27-31.
Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) (Sutopo (ed.); 9th ed).
Sudaryono. 2018. Metodologi Penelitian. Depok: PT Raja Grafindo PersadaPenulis,