PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK NEGERI 1 BUKITTINGGI
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android pada mata pelajaran Gambar Teknik dan kelayakan media pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan pengembangan media dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) yang menggunakan metode ADDIE. Tahapannya ada 5 yaitu: 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Desain), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi), 5) Evaluation (Evaluasi), namun hanya dibatasi sampai tahap implementasi. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran Gambar Teknik. Selanjutnya media diujicobakan kepada 43 siswa X TKP 3 SMKN 1 Bukittinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan beberapa hal berikut: 1) Kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh nilai 120,00 dengan persentase 96,00% yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, 2) Kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli media diperoleh nilai 111,00 dengan persentase 96,52% yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, 3) Kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian guru Gambar Teknik diperoleh nilai 160,00 dengan persentase 80,00% yang termasuk kategori “Layak”, 4) Uji coba yang dilakukan terhadap 43 siswa menunjukkan respon positif dengan mendapatkan persentase 83,67% untuk keseluruhan pertanyaan. Dengan demikian media pembelajaran mobile learning berbasis android pada mata pelajaran gambar teknik layak digunakan sebagai media pembelajaran.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.