EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DISKUSI DENGAN APLIKASI WHATSAPP PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KELAS XI DPIB SMKN 5 PADANG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pada tahun 2019 dunia dilanda sebuah bencana dengan adanya Covid-19. Pada masa pandemi pendidikan sangat terkena dampaknya.Keberadaan Whatsapp sebagai sarana komunikasi diskusi pembelajaran via daring dikarenakan makin meningkatnya penyebaran Covid-19.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keefektivitasan komunikasi diskusi pada aplikasi Whatsapp pada mata pelajaran estimasi biaya kelas XI DPIB SMKN 5 Padang.Jenis metode penelitian yang akan digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode pendekatan penelitian kuanitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Purposive Sampling dengan jumlah responden sebanyak 42 orang dari semua populasi yang dijadikan sampel. data yang diperoleh menggunakan skala linkert yang terdiri dari 5 pilihan jawaban dari 35 pernyataan. data yang diolah memperoleh persentase dari masing-masing indikator. Hasil penelitian menunjukkan Efektivitas Komunikasi Diskusi menggunakan aplikasi Whatsapp kelas XI DPIB di SMK Negeri 5 Padang menggunakan uji T menyatakan bahwa aplikasi Whatsapp efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran estimasi biaya pada kelas XI DPIB di SMKN 5 Padang dengan hasil sebesar Thitung (2.845) > T tabel (1.642) serta komunikasi diskusi antara siswa dan siswa terhadap guru termasuk kategori baik dengan pencapaian 82.29% dan hasil nilai dari penggunaan aplikasi Whatsapp juga termasuk kategori baik dengan pencapaian 85.96% Siswa harus lebih mampu memilah dan mengatasi kendala yang terdapat selama berkomunikasi dan berdiskusi terlebih pada saat pembelajaran daring.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19 (edisi keli). Universitas Diponegoro.
Lubis, S. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Sukabina Press.
Lubis, S. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Sukabina Press.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Anshori, Mulisch; Israwati, S. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Airlangga University Pres. https://books.google.co.id
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19 (edisi keli). Universitas Diponegoro.
Lubis, S. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Sukabina Press.
Lubis, S. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Sukabina Press.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.