Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Estimasi Biaya Konstruksi Siswa SMK N 5 Padang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Melati Ratuliu
Juniman Silalahi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran yang digunakan guru belum sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan kesulitan siswa dalam memahami materi, sehingga memberikan dampak kurang baik terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar Estimasi Biaya Konstruksi siswa Kelas XI Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) SMK N 5  Padang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment (eksperimen semu) dengan design Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK N 5 Padang yangterdaftar pada tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari kelas XI DPIB 1 dan XI DPIB 2. Pengujian instrumen dilakukan di SMK N 1 Padang, pada Kelas XI DPIB C yang terdiri dari 30 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar (pretest dan posttest) berupa soal objektif sebanyak 24 soal. Data yang dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-test). Berdasarkan perhitungan  hipotesisi t-test diperoleh thitung (9,71) > ttabel (2,02) menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Student Team Achievemen Division (STAD) terhadap hasil belajar Estimasi Biaya Konstruksi siswa Kelas XI DPIB SMK N 5 Padang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ratuliu, M., & Silalahi, J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Estimasi Biaya Konstruksi Siswa SMK N 5 Padang. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 1(2), 58-62. Retrieved from http://asce.ppj.unp.ac.id/index.php/ASCE/article/view/23