Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Estimasi Biaya Konstruksi Siswa SMK N 5 Padang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran yang digunakan guru belum sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan kesulitan siswa dalam memahami materi, sehingga memberikan dampak kurang baik terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar Estimasi Biaya Konstruksi siswa Kelas XI Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) SMK N 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment (eksperimen semu) dengan design Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK N 5 Padang yangterdaftar pada tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari kelas XI DPIB 1 dan XI DPIB 2. Pengujian instrumen dilakukan di SMK N 1 Padang, pada Kelas XI DPIB C yang terdiri dari 30 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar (pretest dan posttest) berupa soal objektif sebanyak 24 soal. Data yang dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-test). Berdasarkan perhitungan hipotesisi t-test diperoleh thitung (9,71) > ttabel (2,02) menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Student Team Achievemen Division (STAD) terhadap hasil belajar Estimasi Biaya Konstruksi siswa Kelas XI DPIB SMK N 5 Padang.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.