PEMBUATAN E-JOBSHEET PRAKTIKUM KONSTRUKSI PERKERASAN JALAN RAYA MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP PDF PROFESSIONAL

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Oktaviani Oktaviani
Nabilah Nur Qori'ah
Nadra Mutiara Sari

Abstract

Pada masa pandemi COVID-19 ini, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar tatap muka secara offline untuk semua jenjang pendidikan ditiadakan, tidak terkecuali perkuliahan. Sebagai contoh pada perkuliahan praktikum konstruksi perkerasan jalan raya, mahasiswa kurang mampu memahami materi dengan baik karena mereka hanya dapat membaca prosedur tanpa melihat dan melaksanakan secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk membuat bahan ajar berupa e-jobsheet menggunakan aplikasi flip pdf professional pada materi analisis saringan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development atau R&D dengan model pengembangan 4D. Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian oleh ahli materi, ahli media dan lembar observasi oleh mahasiswa. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi didapatkan nilai validasi oleh ahli materi 1 yaitu 95,23% dengan kategori “sangat baik”, ahli materi 2 yaitu 91,42% dengan kategori “sangat baik” dan ahli materi 3 yaitu 98,09% dengan kategori “sangat baik”. Validasi oleh ahli media 1 sebesar 99,2% dengan kategori “sangat baik”, ahli media 2 sebesar 90,4% dan ahli media 3 sebesar 88%. Berdasarkan pengujian praktikalitas oleh kelompok kecil didapatkan nilai rata-rata sebesar 81% dengan kategori “praktis” dan kelompok besar didapatkan nilai rata-rata sebesar 92% dengan kategori “sangat praktis”. Pembuatan e-jobsheet praktikum konstruksi perkerasan jalan raya menggunakan aplikasi flip pdf professional dinyatakan valid/layak dan praktis.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Oktaviani, O., Qori’ah, N., & Sari, N. (2021). PEMBUATAN E-JOBSHEET PRAKTIKUM KONSTRUKSI PERKERASAN JALAN RAYA MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP PDF PROFESSIONAL. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 2(3), 347-351. https://doi.org/10.24036/asce.v2i3.232566

References

Arifin, Zaenal. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Thiagarajan, S., Semmel, D.S dan Semmel, M. I. 1974. Instructional for Training Teachers of Expectional Children. Minneapois, Minnesota Leadership Training Institue/Special Education. University of Minnesota.