PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATA KULIAH KONSTRUKSI PERKERASAN JALAN RAYA
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pada masa pandemi ini, para tenaga pendidik berupaya membuat materi yang dapat dimengerti oleh mahasiswa/siswa, karena Covid-19 ini proses belajar mengajar (PBM) menjadi daring dan membuat tenaga pendidik bekerja lebih giat untuk mahasiswa/siswa.Diperlukan adanya media yang lebih praktik dan inovatif sehingga mahasiswa dengan mudah memahami materi yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran berbasis flip pdf professional pada Mata Kuliah KPJR. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development atau R&D dengan model pengembangan 4D. Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian oleh ahli materi, ahli media dan lembar observasi oleh mahasiswa. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi didapatkan nilai validasi oleh ahli materi 1 yaitu 95,78% dengan kategori “sangat baik”, ahli materi 2 yaitu 95,78% dengan kategori “sangat baik” dan ahli materi 3 yaitu 94,73% dengan kategori “sangat baik”. Validasi oleh ahli media 1 sebesar 98% dengan kategori “sangat baik”, ahli media 2 sebesar 89% dan ahli media 3 sebesar 88%. Berdasarkan Penilaian praktikalitas oleh mahasiswa kelompok kecil memperoleh nilai rata-rata sebesr 59% dengan kategori kurang praktis, kelompok besar memperoleh nilai rata-rata sebesar 81% dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan dari penilaian media tersebut adalah bahwa media pembelajaran berbasis flip pdf professional dinyatakan sangat layak dan praktis.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.