PERFORMA HIDROLIS INFILTRASI TANAH TIMBUNAN UNTUK PERMUKIMAN DI KOTA PADANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Maya Juliana Karlan
Totoh Andayono

Abstract

Perubahan fungsi lahan dari tempat resapanair menjadi daerha permukiman akan mengganggu rantai siklus air. Hal ini akan menyebabkan perubahan struktur tanah.Dalam RTRW Kota Padang merencanakan daerah permukiman kea rah utara dan Keara Timur Kota padang yang mana daerah yang semulanya adalah daerah resapan air. Daerah yang awlanya adalah lahan kosong rawa agar bisa digunakan sebagai tempat perumahan harus dilakukanya penimbunan, tanah timbunan yang digunakan  untuk perumahan adalah tanah yang memiliki peforma hidrolis yang baik agar pada daerah permukiman tidak terjadin banjir atau genangan air saat terjadi hujan, untuk itu perlunya dilakukan pengujian performa hidrolisis terhadap tanah timbunan yang sering digunakan pada  permukiman di Kota Padang.Penelitian ini merupakan pengujian infiltrasi tanah timbunan yang biasa digunakan pada permukiman di Kota Padang. Penelitian ini bertujuan menghasilkan performa infiltrasi tanah timbunan yang digunakan di Kota Padang, sehingga dapat diketahui tanah yang paling bagus seagai tanah timbunan. Tanah yang digunakan pada penelitian ini adalah Tanah yang bersumber dari Lubuk Alung, Parit Malintang, dan Sungai Sariak. Pengujian peforma hidrolisis dilakukan dengan tiga analisis infiltrasi yaitu laju infiltrasi, Kapasitas infiltrasi dan limpsan air infiltrasi. Pada penelitian ini peforma hidrolis yang baik adalah tanah timbunan yang berasal dari Parit Malintang dengan laju infiltrasi 3,12-0,59 cm/menit, kapasitas infiltrasi 35,69 cm/jam, dan limpsan air terjadi pada menit ke 34.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Karlan, M., & Andayono, T. (2022). PERFORMA HIDROLIS INFILTRASI TANAH TIMBUNAN UNTUK PERMUKIMAN DI KOTA PADANG. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 3(1), 1-6. https://doi.org/10.24036/asce.v3i1.238566

References

Andayono dkk. (2019). Hubungan Laju Infiltrasi Terhadap Kepadatan Tanah di Kawasan Permukiman. 0,593-602.
Badan Pusat Statistik Kota Padang. (2021). Kota Padang Dalam Angka. padang: CV. Aditya.
Herdanto, R. M. (1997). Teori Perkembangan Dan Pertumbuhan Kota. Makalah Rutin Fakultas Ekonomi.
Munaljid, J. Kuncoro. (2015). Aplikasi Model Infiltrasi Pada Tanah Dengan Model Kostiyacov Dan Model Horton Menggunakan Alat Rainfall Simulator.