PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA MATA KULIAH GAMBAR BESTEK
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
: Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang yaitu kurangnya media pembelajaran pada mata kuliah Gambar Bestek khususnya pada materi komponen penyusun atap, sehingga mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami materi perkuliahan. Terlebih dampak dari wabah Covid-19 menyebabkan proses perkuliahan dilaksanakan secara online sehingga dosen juga mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi perkuliahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis video animasi yang layak digunakan pada proses pembelajaran.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dan mengacu pada model pengembangan 4D. Subjek pada penelitian ini adalah validator ahli yaitu ahli materi serta ahli media, serta mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2019 sebanyak 42 orang mahasiswa. Objek dari penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis video animasi pada mata kuliah Gambar Bestek. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil penilaian produk oleh ahli materi dengan persentase sebesar 84% dengan kategori ‘Baik’, lalu hasil penilaian produk oleh ahli media dengan persentase sebesar 85% dengan kategori ‘Baik’. Selain itu penilaian berdasarkan uji coba pada mahasiswa mendapatkan hasil persentase sebesar 86,2% dengan kategori ‘Baik’ dan layak digunakan pada proses pembelajaran mata kuliah Gambar Bestek sesuai dengan hasil uji kelayakan dan uji reliabilitas yang telah dilakukan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Pembelajaran.www.asikbelajar.com
diakses pada tanggal 20 September
2020Nuriansyah, F. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Online Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Saat Awal Pandemi Covid-19. Jurnal Pendididikan Ekonomi Indonesia, 1(2), 61–65.
Arham, Mashita Al. Perbandingan
Penggunaan Media Berbasis Camtasia
Studio dan Media Power Point terhadap
Hasil Belajar Peserta Didik pada Pokok
Bahasan Sistem Pencernaan Kelas XI
SMA Negeri 8 Makassar. Skirpsi.
Universitas UIN Alauddin Makassar.
(2016).
Armila, Wilda.Pengaruh
Penggunaan Media Camtasia
Studio terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Subtema Suhu dan Kalor di kelas V SDN 01 Indralaya Selatan. Skripsi. Universitas Sriwijaya. (2019).
Fakhri, Fadil. Pengembangan
Media Pembelajaran Berbasis Animasi Pada Mata Kuliah Gambar Teknik Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Padang.Skripsi. Universitas Negeri Padang. (2018).
Hamalik. 1986. Pengertian dan Manfaat Media Pembelajaran. www.asikbelajar.com diakses pada tanggal 12 September 2020.
Hamzah dan Lametenggo, Nina. 2010.
Teknologi Komunikasi dan Informasi
Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Harjanto. Perencanaan
Pengajaran.Jakarta: PT Rineka Cipta. (2011).
Hidayat, Anwar. Teknik Purposive Sampling. www.statistikia.com diakses pada tanggal 13 November 2020. (2017).
Kustandi, dkk. Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia. (2011).
Ohman. Mengenal Camtasia Studio 8 dan Kegunaannya. https://krasapenakeditingvideo.blogspot.com/ diakses pada tanggal 06 Juli 2021. (2018).
Purwanto, Ngalim. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. (2012).
Putra, Feryansyah. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual menggunakan Camtasia Studio 8 sebagai Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP.Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. (2020).
Ramli, Kamrianti. Media Animasi untuk
Siswa. www.wordpress.com diakses
pada tanggal 20 September 2020. (2011).
Rukajat, Ajat. Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish Publisher (Grup penerbitan CV Budi Utama). (2018).