Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Web Tools Pada Mata Kuliah Kuantiti Surveying

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ihsannul Hakim
Faisal Ashar

Abstract

Permasalahan yang ada pada Mata Kuliah Kuantiti Surveying adalah media pembelajaran yang digunakan belum memadai serta kurangnya pehaman dan pengetahuan mahasiswa tentang dasar-dasar konstruksi mengenai materi Kuantiti Surveying. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis web tools pada materi Rencana Anggaran Biaya (RAB) dalam bentuk CD. Penelitian pengembangan ini menggunakan tahapan-tahapan Research and Development yang mengadaptasi model 4D. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian media pembelajaran untuk ahli materi, ahli media, dan mahasiswa. Berdasarkan penilaian produk terhadap media pembelajaran berbasis web tools pada Mata Kuliah Kuantiti Surveying oleh ahli materi 1 memperoleh skor 3,93 pada aspek kemudahan, manfaat, tampilan dan waktu masuk kategori baik, sedangkan penilaian oleh ahli materi 2 memperoleh skor 4,70 pada aspek kemudahan, manfaat, tampilan serta waktu masuk kategori sangat baik. Ahli media memperoleh skor 4,16 pada aspek media, materi dan audio masuk kategori baik. Penilaian dari 10 mahasiswa mendapat nilai rata-rata 4,50 dengan persentase pencapaian 90,27% masuk kategori sangat bagus. Berdasarkan hasil penilaian, maka media yang dihasilkan dinyatakan sangat baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hakim, I., & Ashar, F. (2020). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Web Tools Pada Mata Kuliah Kuantiti Surveying. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 1(2), 69-75. Retrieved from http://asce.ppj.unp.ac.id/index.php/ASCE/article/view/26