Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Web Tools Pada Mata Kuliah Kuantiti Surveying
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Permasalahan yang ada pada Mata Kuliah Kuantiti Surveying adalah media pembelajaran yang digunakan belum memadai serta kurangnya pehaman dan pengetahuan mahasiswa tentang dasar-dasar konstruksi mengenai materi Kuantiti Surveying. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis web tools pada materi Rencana Anggaran Biaya (RAB) dalam bentuk CD. Penelitian pengembangan ini menggunakan tahapan-tahapan Research and Development yang mengadaptasi model 4D. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian media pembelajaran untuk ahli materi, ahli media, dan mahasiswa. Berdasarkan penilaian produk terhadap media pembelajaran berbasis web tools pada Mata Kuliah Kuantiti Surveying oleh ahli materi 1 memperoleh skor 3,93 pada aspek kemudahan, manfaat, tampilan dan waktu masuk kategori baik, sedangkan penilaian oleh ahli materi 2 memperoleh skor 4,70 pada aspek kemudahan, manfaat, tampilan serta waktu masuk kategori sangat baik. Ahli media memperoleh skor 4,16 pada aspek media, materi dan audio masuk kategori baik. Penilaian dari 10 mahasiswa mendapat nilai rata-rata 4,50 dengan persentase pencapaian 90,27% masuk kategori sangat bagus. Berdasarkan hasil penilaian, maka media yang dihasilkan dinyatakan sangat baik.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.