PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE MAHASISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH MEKANIKA TEKNIK PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG ANGKATAN 2019

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rino Cakra Buana
Eka Juliafad

Abstract

Diawal tahun 2020, dunia dihebohkan dengan munculnya virus baru yaitu Corona Virus jenis baru (SARS-CoV-2) dan penyakitnya disebut Coronavirus Disease (COVID-19). Virus ini berasal dari Wuhan, China. Ditemukan pada akhir Desember 2019. Mengikuti kebijakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, perkuliahan di Universitas Negeri Padang dilaksanakan secara online atau daring selama pandemi COVID-19 ini berlangsung. Tujuan dariĀ  penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran online mahasiswa terhadap hasil belajar mata kuliah Mekanika Teknik program studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Padang 2019. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif, dengan populasi yang berjumlah 65 orang mahasiswa, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang dilihat dari analisis per sub indikator didapatkan hasil cukup baik dari lima indikator dan tidak baik dari satu indikator, hal ini menggambarkan secara garis besar bahwa terdapat pengaruh yang cukup baik dari pembelajaran online Mekanika Teknik ini terhadap hasil belajar mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Bangunan UNP angkatan 2019. Dengan perbandingan hasil 5 : 1 antara cukup baik dan tidak baik tentunya tidak akan menjadi masalah yang siginifikan bagi mahasiswa dalam proses pembelajaran secara online.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Buana, R., & Juliafad, E. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE MAHASISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH MEKANIKA TEKNIK PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG ANGKATAN 2019. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 2(4), 382-388. https://doi.org/10.24036/asce.v2i4.261566

References

Lubis, Syahron. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan, Padang: Sukabina Press

Perhimpunan Dokter Paru Indonesia. (2020). Panduan Praktik Klinis : Pneumonia 2019-nCoV. PDPI. Jakarta
Purmadi, A., Hadi, M., & Najwa, L. (2018). Pengembangan Kelas Daring dengan Penerapan Hybrid Learning Menggunakan Chamilo Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Edomtech, III(2), 135-140.

Singarimbun, Masri dan, Effendi, Sofyan. 1995. Metode Penelitian Survei : LP3ES

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.