TINJAUAN KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA WORKSHOP KAYU SMK NEGERI 1 PADANG BERDASARKAN PERMENDIKNAS NOMOR 40 TAHUN 2008
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan sarana dan prasarana workshop kayu SMK N 1 Padang berdasarkan Permendiknas Nomor 40 Tahun 2008. Penelitian ini memaparkan tentang keadaan nyata sarana dan prasarana pada workshop kayu SMK N 1 Padang yaitu meliputi luas ruangan, kelengkapan alat kerja kayu tangan, alat mesin dan alat kelengkapan praktek. Penelitian menggunakan metode survey dengan perhitungan kuantatif dan kualitatif deskriptif yang mengungkap kelayakan sarana dan prasarana workshop kayu SMK N 1 Padang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini terdapat satu variabel yaitu kelayakan sarana dan prasarana workshop kayu di SMK N 1 Padang. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelayakan sarana dan prasarana workshop kayu SMK N 1 Padang berdasarkan standar Permendiknas Nomor 40 Tahun 2008 tentang sarana dan prasana pendidikan di sekolah ialah (1) Ruangan workshop dengan skor 29,7% berada pada kategori tidak memenuhi standar; (2) Alat Tangan dengan skor 7,16% berada pada kategori tidak memenuhi standar; (3) Kelengkapan Alat dengan skor 0,03125% berada pada kategori tidak memenuhi standar; (4) Alat Mesin dengan skor 72,21% berada kategori cukup memenuhi standar dan; (5) Perabotan dengan skor 94,29% berada pada kategori memenuhi standar.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Mudyahardjo, Redja. 2009. Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-Dasar Pendidikan Pada Umumnya Dan Pendidikan Di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.
Siregar, S. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R Dan D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R Dan D. Bandung: Alfabeta.