EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SITUS WEB KBM ONLINE BAGI SISWA TEKNIK KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
SMK Negeri 1 Sumatera Barat menjadi sekolah kejuruan pertama yang mengambil langkah kebijakan dari pemerintah untuk melaksanakan pembelajaran berbasis online ini dengan menggunakan situs web milik SMK Negeri 1 Sumatera Barat itu sendiri yang bernama Kegiatan Belajar Mengajar Online (KBM Online) SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Melalui Situs Web KBM Online tersebut diharapkan menjadi penunjang dalam kegiatan pembelajaran berbasis online bagi guru dan siswa selama pandemi Covid-19 ini. Namun kenyataannya masih banyak siswa yang tidak paham cara penggunaan Situs Web KBM Online ini. Hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan siswa SMK Negeri 1 Sumatera Barat tentang Situs Web KBM Online ini. Berdasarkan wawancara dengan beberapa siswa minimnya pengetahuan ini dikarenakan ketidakpahaman siswa dalam menggunakan situs web tersebut. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif situs web KBM Online SMK Negeri 1 Sumatera Barat digunakan dalam pembelajaran siswa Teknik Konstruksi dan Properti SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan jumlah populasi 74 siswa dan jumlah sampel 62 siswa, teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Berdasarkan hasil penelitian data dan pembahasan yang dilihat dari analisis indikator, didapatkan hasil analisis cukup efektif dari empat indikator, hal ini menggambarkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup efektif dalam pembelajaran yang dilakukan siswa menggunakan situs web KBM Online.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
[2]. Riduwan. (2012). Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis. Bandung: Alfabeta.
[3]. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
[4]. Syahron, Lubis. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang: Sukabina Press.