EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SITUS WEB KBM ONLINE BAGI SISWA TEKNIK KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Zuhrizal Amri
Faisal Ashar

Abstract

SMK Negeri 1 Sumatera Barat menjadi sekolah kejuruan pertama yang mengambil langkah kebijakan dari pemerintah untuk melaksanakan pembelajaran berbasis online ini dengan  menggunakan situs web milik SMK Negeri 1 Sumatera Barat itu sendiri yang bernama Kegiatan Belajar Mengajar Online (KBM Online) SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Melalui Situs Web KBM Online tersebut diharapkan menjadi penunjang dalam kegiatan pembelajaran berbasis online bagi guru dan siswa selama pandemi Covid-19 ini. Namun kenyataannya masih banyak siswa yang tidak  paham cara penggunaan Situs Web KBM Online ini. Hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan siswa SMK Negeri 1 Sumatera Barat tentang Situs Web KBM Online ini. Berdasarkan wawancara dengan beberapa siswa minimnya pengetahuan ini dikarenakan ketidakpahaman siswa dalam menggunakan situs web tersebut. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif situs web KBM Online SMK Negeri 1 Sumatera Barat digunakan dalam pembelajaran siswa Teknik Konstruksi dan Properti SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan jumlah populasi 74 siswa dan jumlah sampel 62 siswa, teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Berdasarkan hasil penelitian data dan pembahasan yang dilihat dari analisis indikator, didapatkan hasil analisis cukup efektif dari empat indikator, hal ini menggambarkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup efektif dalam pembelajaran yang dilakukan siswa menggunakan situs web KBM Online.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Amri, Z., & Ashar, F. (2021). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SITUS WEB KBM ONLINE BAGI SISWA TEKNIK KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 2(4), 448-452. https://doi.org/10.24036/asce.v2i4.274566

References

[1]. Popi, Radyuli dan Nikmatul, Khairani. (2019). “Perancangan dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital (Studi Kasus Kelas X SMK-SMAK Padang)”. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi UPI-YPTK. (Nomor 1 volume 6). Hlm. 55-65.

[2]. Riduwan. (2012). Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis. Bandung: Alfabeta.

[3]. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

[4]. Syahron, Lubis. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang: Sukabina Press.