Kontribusi Pelaksanaan E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Analisis Struktur Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat kontribusi pelaksanaan e-learning terhadap hasil belajar Mata Kuliah Analisis Struktur mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Teknik Sipil tahun masuk 2017 sebanyak 34 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling dengan jumlah populasi (N) 34 pada taraf signifikasi (α) 0.05. Pengumpulan data dari responden dilakukan melalui angket (kuesioner). Data kemudian dianalisis secara statistik dengan bantuan microsoft Excel 2010 dan SPSS 18.00, menggunakan analisis korelasional. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi pelaksanaan e-learning terhadap hasil belajar Analisis Struktur Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Besar koefisien korelasi yang diperoleh adalah sebesar 0,490 pada taraf signifikasi 0,05. Hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukkan sumbangan yang diberikan oleh pelaksanaan e-learning sebesar 24% terhadap hasil belajar.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.