Kontribusi Pelaksanaan E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Analisis Struktur Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nur Aini
Fahmi Rizal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat kontribusi pelaksanaan e-learning terhadap hasil belajar Mata Kuliah Analisis Struktur mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik  Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Teknik Sipil tahun masuk 2017 sebanyak 34 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling dengan jumlah populasi (N) 34 pada taraf signifikasi (α) 0.05. Pengumpulan data dari responden dilakukan melalui angket (kuesioner). Data kemudian dianalisis secara statistik dengan bantuan microsoft Excel 2010 dan SPSS 18.00, menggunakan analisis korelasional. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi pelaksanaan e-learning terhadap hasil belajar Analisis Struktur Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Besar koefisien korelasi yang diperoleh adalah sebesar 0,490 pada taraf signifikasi 0,05. Hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukkan sumbangan yang diberikan oleh pelaksanaan e-learning sebesar 24% terhadap hasil belajar.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Aini, N., & Rizal, F. (2020). Kontribusi Pelaksanaan E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Analisis Struktur Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 1(2), 76-83. Retrieved from http://asce.ppj.unp.ac.id/index.php/ASCE/article/view/28