Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Aktif Type Everyone Is A Teacher Here Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Terhadap Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa tanpa menggunakan model aktif type everyone is a teacher here menggunakan model pembelajaran aktif type everyone is a teacher here kelas X DPIB SMK N 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitan eksperimen yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas control. Rancangan eksperimen penelitian ini adalah True-Experimental Design dengan pola Posttest-Only Control Design. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas dan variabel terikat dan jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan tes akhir. Langkah-langkah menganalisis data adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan review jurnal maka disimpulkan bahwa 1) Hasil belajar siswa pada pokok bahasan reaksi oksidasi reduksi dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is A Teacher Here (ETH) lebih tinggi secara signifikan dari hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. 2) Penerapan pembelajaran Aktif tipe ETH merupakan salah satu strategi pembelajaran fisika yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. 3) Penerapan metode pembelajaran ETH berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dan keterampilan berkomunikasi siswa.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.