PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO AUDIO VISUAL PADA MATA KULIAH ALAT BERAT DAN PEMINDAHAN TANAH MEKANIS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Oktaviani Oktaviani
Ersyah Okta Wulandari

Abstract

Abstrak: Persoalan yang timbul pada Mata Kuliah Alat Berat dan Pemindahan Tanah Mekanis ini adalah media berupa buku dan power point belum membantu mahasiswa dalam memahami materi yang dipelajari, karena dari itu banyak mahasiswa yang tidak mendapatkan nilai yang memuaskan. Apalagi pada saat ini perkuliahan dilakukan secara daring (online), begitu banyak kendala yang dialami oleh dosen maupun mahasiswa, salah satunya tidak leluasa dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahapan yaitu define, design, develop dan dissemination. Hasil penilaian dari validator dan mahasiswa yaitu penilaian dari aspek materi oleh ahli materi 1 memperoleh skor 3,70 termasuk dalam kategori sangat baik. Penilaian dari ahli materi 2 memperoleh skor 3,85 dengan kategori sangat baik. Penilaian dari ahli materi 3 memperoleh skor 3,20 termasuk dalam kategori sangat baik. Selanjutnya penilaian terhadap media oleh ahli media 1 memperoleh skor 4,00 termasuk dalam kategori sangat baik. Selanjutnya penilaian dari ahli media 2 memperoleh skor 3,23 termasuk dalam kategori sangat baik dan penilaian dari ahli media 3 memperoleh skor 3,76 termasuk dalam kategori sangat baik. Sejalan dengan penilaian yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, penilaian dari mahasiswa sebanyak 10 orang memperoleh skor 85,94% untuk video audio visual yang dihasilkan. Menurut hasil penilaian keseluruhan media video audio visual, produk media pembelajaran yang dihasilkan dinyatakan sangat baik.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Oktaviani, O., & Wulandari, E. (2021). PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO AUDIO VISUAL PADA MATA KULIAH ALAT BERAT DAN PEMINDAHAN TANAH MEKANIS. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 2(4), 453-457. https://doi.org/10.24036/asce.v2i4.291566

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Febliza, Asyti & Zul Afdal. 2015. Media Pembelajaran dan Teknologi Informasi Komunikasi. Pekanbaru: Adafa Grafika.
Hakim, Ihsanul. (2020). “ Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Web Tools pada Mata Kuliah Kuantiti Surveying”. Jurnal Applied Science In Civil Engineering/Vol.1 No.2
Kuntarto, E. (2017). “Kefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi” Journal Indonesian Language Education and Literature/ ILE&E/Vol.3 No.1
Arief, Muhammad. (2021). “Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Articulate Storylane pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X di SMKN 1 PADANG. Jurnal Applied Science In Civil Engineering/Vol.2 No.1
Riduwan. 2012. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta
Santoso, E & Kiswoyo. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantu Wondershare Filmora Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Kompetensi Guru dan Menulis Deskripsi Siswa Kelas 3. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2017. No. 24.
Saputri, Merisa Sely. 2019. Pengembangan Media Animasi 2 Dimensi dengan Bantuan Aplikasi Wondershare Filmora Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Kelas II. Skripsi. Lampung: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Thiagarajan, et.al. 1974. Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children. Washinton DC: National Center For Improvment Educational System.
Widoyoko Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.