PENGUJIAN NORSOK STANDARD N-004 (DESIGN OF STEEL STRUCTURES) UNTUK BATANG TUBULAR PENYOK TIDAK DI-GROUT DAN DI-GROUT DENGAN METODE ELEMEN HINGGA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ranny Adriana
Made Suarjana

Abstract

Abstrak: Struktur anjungan lepas pantai biasanya menggunakan struktur baja tubular sebagai komponen utama penyusunnya. Kerusakan penyok dapat terjadi pada baja tubular akibat tabrakan kapal. Salah satu cara untuk memperbaikinya adalah dengan menerapkan sistem fully grouted. Perumusan mengenai kapasitas beban aksial tekan batang tubular penyok (tanpa grout dan dengan grout) terdapat dalam NORSOK STANDARD N-004 (Design of Steel Structures). Hasil perhitungan berdasarkan NORSOK STANDARD N-004 ini diperiksa dan dianalisis serta dibandingkan dengan hasil dari pemodelan elemen hingga. Dalam penelitian ini, diperoleh bahwa kenaikan kapasitas beban tekuk Euler (beban kritis) rata-rata pada perhitungan NORSOK STANDARD N-004 yaitu 35.86% (min. 20.50% dan maks. 47.44%), dan pada perhitungan pemodelan elemen hingga yaitu 46.30% (min. 44.14% dan maks. 48.27%). Sedangkan perbedaan hasil antara perhitungan berdasarkan NORSOK STANDARD N-004 dan pemodelan elemen hingga, untuk batang tubular penyok tanpa grout memiliki perbedaan rata-rata sebesar 21.24% (min. -1.75% dan maks 41.25%), dan untuk batang tubular penyok dengan grout memiliki perbedaan rata-rata sebesar 32.18% (min. -1.4% dan maks 73.8%).


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Adriana, R., & Suarjana, M. (2022). PENGUJIAN NORSOK STANDARD N-004 (DESIGN OF STEEL STRUCTURES) UNTUK BATANG TUBULAR PENYOK TIDAK DI-GROUT DAN DI-GROUT DENGAN METODE ELEMEN HINGGA. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 3(1), 87-100. https://doi.org/10.24036/asce.v3i1.299566

References

NORSOK STANDARD N-004. (2004). Design of Steel Structures. The Norwegian Oil Industry Association (OLF) and Federation of Norwegian Manufacturing Industries (TBL), Norway.

Li, L., Hu, Z., and Jiang, Z. (2013). Plastic and Elastic Responses of a Jacket Platform Subjected to Ship Impacts. China.

Novoselac, S., Ergić, T., Baličević, P. (2012). Linear and Nonlinear Buckling and Post Buckling Analysis of a Bar With The Influence of Imperfections. The Journal Tehnički vjesnik.

Predictive Engineering, Inc. (2012). Linear and Nonlinear Buckling Analysis and Flange Crippling. Engineering Mechanics White Paper, Portland, Oregon.

Silva, V.D. (2006). Mechanics and Strength of Materials. Department of Civil Engineering, University of Coimbra, Portugal.

Ellinas, C.P. Walker, A.C. (1983). Damage on Offshore Tubular Bracing Member. Bauten, Germany.

Chen, W.F., Duan, L. (1995). Design Equations for Cylindrical Steel Members In Offshore Structures. Boston.