Dampak Bermain Game Online terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X Teknik Konstruksi dan Properti SMKN 2 Solok
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui apakah game online berdampak negatif atau positif terhadap minat belajar siswa kelas X Teknik Konstruksi dan Poperti SMKN 2 Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Konstuksi dan Poperti SMKN 2 Solok sebanyak 69 orang. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik probability sampling (simple random sampling). Bedasarkan rumus Slovin dengan jumlah populasi (N) 69 diperoleh sampel sebanyak 59 orang. Data kemudian dianalisis secara statistik dengan bantuan aplikasi Micosoft Excel 2019 dan SPSS 17.0 menggunakan rumus korelasi rank Spearman. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa game online memiliki pengaruh negatif terhadap minat belajar siswa kelas X Teknik Konstruksi dan Properti SMKN 2 Solok. Besar koefisien korelasi adalah sebesar -0,493 pada taraf signifikan 0,05. Hasil pehitungan Nilai t hitung>t tabel yaitu 4,28>2,002 yang menunjukkan game online berdampak negatif terhadap minat belajar siswa.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.