Dampak Bermain Game Online terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X Teknik Konstruksi dan Properti SMKN 2 Solok

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Cynthia Za Amri
Iskandar G Rani

Abstract

Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui apakah game online berdampak negatif atau positif terhadap minat belajar siswa kelas X Teknik Konstruksi dan Poperti SMKN 2 Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Konstuksi dan Poperti SMKN 2 Solok sebanyak 69 orang. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik probability sampling (simple random sampling). Bedasarkan rumus Slovin dengan jumlah populasi (N) 69 diperoleh sampel sebanyak 59 orang. Data kemudian dianalisis secara statistik dengan bantuan aplikasi Micosoft Excel 2019 dan SPSS 17.0 menggunakan rumus korelasi rank Spearman. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa game online memiliki pengaruh negatif terhadap minat belajar siswa kelas X Teknik Konstruksi dan Properti SMKN 2 Solok. Besar koefisien korelasi adalah sebesar -0,493 pada taraf signifikan 0,05. Hasil pehitungan Nilai t hitung>t tabel yaitu 4,28>2,002 yang menunjukkan game online berdampak negatif terhadap minat belajar siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Amri, C., & Rani, I. (2020). Dampak Bermain Game Online terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X Teknik Konstruksi dan Properti SMKN 2 Solok. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 1(2), 90-99. Retrieved from http://asce.ppj.unp.ac.id/index.php/ASCE/article/view/30