STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Arif Kurniawan
Faisal Ashar

Abstract

Abstrak - SMK Negeri 1 Sumatera Barat memiliki tantangan tersendiri dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan mempertahankan eksistensinya. Dimana persaingan SMK Negeri 1 Sumatera Barat bukan saja dengan sekolah negeri tetapi juga swasta. Maka dari itu SMK Negeri 1 Sumatera BaratĀ  harus kreatif dalam menarik minat pelanggan jasa pendidikan, pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan jasa pendidikan yang lebih baik dibandingkan dengan para pesaingnya dan memilih strategi pemasaran yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran jasa di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian berdasarkan 3 indikator: 1) Brand Image, 2) Promosi, 3) Distribusi. Berdasarkan hasil strategi pemasaran jasa pendidkan SMK N 1 Sumatera Barat pada indikator brand image dengan perolehan rata-rata 78.10%, pada indikator promosi dengan perolehan rata-rata 75.58%, dan pada indikator distribusi dengan perolehan rata-rata 74.73%. ketiga indikator untuk mengukur bangaimana tingkat strategi pemasaran jasa pendidikan SMKN 1 Sumatera Barat tergolong cukup baik, serta dari ketiga indikator tersebut perbedaan hasilĀ  rata-ratanya tidak jauh signifikan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Kurniawan, A., & Ashar, F. (2022). STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 3(1), 38-47. https://doi.org/10.24036/asce.v3i1.303566