PEMBUATAN E-MODUL BERBASIS WEB PADA MATA KULIAH PRAKTEK BATU DAN BETON JURUSAN TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS NEGERI PADANG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang yaitu hasil belajar mahasiswa belum semuanya memuaskan, masih belum menerapkan penggunaan media pembelajaran pada Mata Kuliah Praktek Batu dan Beton secara keseluruhan, dan belum adanya media e-modul berbasis web pada Mata Kuliah Praktek Batu dan Beton. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasikan produk e-modul berbasis web yang valid dan praktis digunakan pada proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research & Development (R&D) dan mengaju pada model pengembangan DDD-E. Subjek pada penelitian ini adalah validator ahli yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli angket, serta mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2019 sebanyak 63 orang mahasiswa. Objek dari penelitian ini adalah e-modul berbasis web Mata Kuliah Praktek Batu dan Beton. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil penilaian produk oleh 1 ahli materi dengan persentase 88% dengan kategri valid dan 2 ahli media dengan persentase 91% dengan kategori valid. Selain itu penilaian kepraktisan pada mahasiswa mendapatkan hasil dengan persentase 84% dengan kategori sangat praktis.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Christina Mentari Perdana, N. M. (2020). Pengaruh Penggunaan E-modul Berbasis Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Konstruksi Jalan dan Jembatan Siswa Kelas XI di SMKN 1 Sumatera Barat. Applied Science In Civil Engineering, 156-159.
Ivers, K. S., & Barron, A. E. (2002). Multimedia Projects in Education : Designing, Producing, and Assessing. USA: Libraries Unlimited.
Junita, I., & Sukardi, S. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Web pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 122–125.
Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Miftakhul Muslih dan Revian Body. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Modul Berbasis Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak Dan Perencanaan Interior Gedung Kelas XI Teknik Konstruksi dan properti SMKN 1 Sumatera Barat. Applied Science In Civil Engineering, vol 1, no 1, hal 15-23.
Putra, O. D., Darlius, & Harlin. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran E-modul Interaktif Pada Mata Kuliah Sistim Pemindah Tenaga Di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP Universitas Sriwijaya. Pendidikan Teknik Mesin, 29-37.
Randa, G., & Ta'ali. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Web pada Mata Kuliah PLC dan Pneumatic. Pendidikan Teknik Elektro, 118-121.
Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.