ANALISIS KINERJA JALAN AKIBAT HAMBATAN SAMPING (STUDI KASUS: RUAS JALAN PASAR PAGI PARAK LAWEH DAN PASAR PAGI DADOK TUNGGUL HITAM)
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Ruas Jalan Parak Laweh dan Jalan Utama Dadok Tunggul Hitam yang melewati kawasan pemukiman penduduk terdapat adanya pasar yang berlokasi di pinggir jalan. Hal ini mengakibatkan banyaknya hambatan samping berupa kendaraan yang parkir di bahu jalan dan pejalan kaki yang berbelanja di kawasan pasar sehingga menyebabkan arus lalu lintas menjadi terganggu. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui kinerja ruas jalan Pasar Pagi Parak Laweh dan ruas jalan Pasar Pagi Dadok Tunggul Hitam pada kondisi eksisting dan mengetahui perbandingan kinerja ruas jalan Pasar Pagi Parak Laweh dan Jalan Pasar Dadok Tunggul Hitam sebelum dan sesudah menggunakan alternatif solusi menggunakan Uji Paired Sample t-Test. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menganalisis data menggunakan metode yang terdapat dalam MKJI 1997. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat pelayanan jalan pada ruas jalan Pasar Pagi Parak Laweh dan Pasar Pagi Dadok Tunggul Hitam termasuk pada kategori B. Setelah dilakukan perhitungan menggunakan alternatif solusi, nilai kecepatan arus bebas, kapasitas, dan derajat kejenuhan pada ruas jalan Pasar Pagi Parak Laweh dan Pasar Pagi Dadok Tunggul Hitam menggunakan Uji Paired Sample t-Test didapatkan rekomendasi untuk meminimalisir terjadinya gangguan arus lalu lintas akibat adanya pasar yang terdapat disisi jalan yaitu dengan menggunakan alternatif menghilangkan kendaraan yang parkir/berhenti dan dengan menggunakan alternatif dengan menghilangkan pejalan kaki dan menghilangkan kendaraan parkir/berhenti. Akan tetapi nilai dari tingkat pelayanan jalan sesudah dilakukan perhitungan menggunakan alternatif solusi tetap berada pada kategori B.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Caisar, W. (2017). Studi Keberadaan Pasar Pagi Parak Laweh di Jalan Parak Laweh Kelurahan Parak Laweh Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Doctoral dissertation, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.
Dionisius Arnoldus Moruk, Galih Damar Pandulu, Pamela D. Rahma, K. Arifianto. (2017). Analisa Kapasitas Tingkat Pelayanan Lalu Lintas Pada Perempatan Jalan Raya Langsep Kelurahan Tanjungrejo Kota Malang. PS.Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Tribhuwana Tunggadewi.
Putra, S. M., & Body, R. (2021). Hubungan Pembelajaran Berbasis Daring Mata Pelajaran Konstruksi Jalan Dan Jembatan Dengan Pemahaman Peserta Didik Jurusan Teknik Konstruksi Dan Properti Smk N 1 Koto Xi Tarusan. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 2(2), 227-231.
Kajian dan Identifikasi Penumbuhan Pasar-Pasar Tradisional Baru di Kota Padang. (2017). Kota Padang: Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.
Manual Kapasitas Jalan Indonesia. (1997). Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Marga.
Nuryadi, T. D. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Gramasurya
Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: KM 14 Tahun 2006 Tentang Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas di Jalan. (n.d.)
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 34 Tahun 2006 Tentang Jalan . (n.d.).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan. (n.d.).